counter

Aktris "Sex and the City" ikuti pemilihan Gubernur New York

Aktris "Sex and the City" ikuti pemilihan Gubernur New York

Aktris Kristin Davis (kiri), Cynthia Nixon, Sarah Jessica Parker dan Chris Noth saat berperan di film "Sex and the City:The Movie" di New York pada 12 Oktober 2007. ( REUTERS/Brendan McDermid)

New York (ANTARA News) - Aktris dan pegiat kebebasan Cynthia Nixon, salah satu bintang serial ternama televisi "Sex and the City", pada Senin mengumumkan akan mencalonkan diri menjadi gubernur New York, menantang Andrew Cuomo untuk calon Demokrat.

"Saya mencintai New York dan pada hari ini, saya mengumumkan pencalonan saya untuk menjadi gubernur," demikian Nixon, 51, di Twitter.

Kampanyenya memicu pertarungan pada 13 September di antara pesohor di sisi kiri Partai Demokrat dan gubernur moderat, yang sering disebut sebagai calon presiden pada 2020.

Cuomo, 60, putra mendiang Gubernur New York, Mario Cuomo, mengincar masa jabatan ketiganya. Pemilihan umum diadakan pada 6 November. Jika berhasil dalam pemilihan utama dan pemilihan umum, Nixon akan menjadi wanita pertama gubernur New York dan gubernur pertama pencinta sesama jenis.

Pernyataan kampanye Nixon menyebutnya pilihan progresif untuk Cuomo, merujuk pada gubernur seorang sentris, yang penasihatnya terperosok dalam masalah hukum. Hal tersebut juga mencatat peran negara bagian tersebut dalam mengoperasikan sistem kereta bawah tanah Kota New York yang kuno dan banyak dikatakan buruk.

Video yang menyertainya, yang menunjukkan Nixon di rumah bersama istrinya, Christine Marinoni, dan putra mereka, Max, juga membahas ketimpangan pendapatan.

"Pemimpin kita mengecewakan kita," kata Nixon dalam video tersebut, "Kami adalah negara bagian yang paling tidak setara di seluruh negeri, dengan kekayaan luar biasa dan kemiskinan yang luar biasa."

Nixon bersekutu dengan Walikota New York, Bill de Blasio, warga Demokrat, yang secara politik berada di kiri Cuomo. Kedua orang pria tersebut berseteru soal isu-isu seperti angkutan umum dan perumahan di kota terbesar negara itu.

Kantor Cuomo belum memberikan tanggapan.

Dalam jajak pendapat Siena College, Cuomo memimpin lebih perolehan Nixon yakni 66 dibanding 19 persen, menurut hasil yang dirilis pada Senin sebelum pengumuman Nixon. Jajak pendapat tersebut, yang dilakukan pada 11-16 Maret melalui telepon, memiliki batas kesalahan kurang lebih 4 poin persentase. Kata kampanye Nixon potensial pertama kali dilaporkan oleh televisi NY1 pada 6 Maret.

Nixon bisa memberi perbaikan pada selebritinya untuk mengatasi incumbent dengan ikatan panjang dengan partai Demokrat.

Pada pemilihan kembali Cuomo pada 2014, penantang utama yang tidak begitu populer, Zephyr Teachout, memenangkan sekitar 34 persen suara terhadap Cuomo yang sebesar 62 persen, yang mengarah ke spekulasi bahwa Cuomo mungkin rentan terhadap tantangan dari progresif yang didanai dengan baik.

Nixon membintangi serial televisi HBO pada 1998-2004 tentang empat wanita di Kota New York, memerankan pengacara Miranda Hobbes. Acara tersebut kemudian menghasilkan dua film layar lebar. Dia juga aktris panggung pemenang penghargaan "Tony". Demikian laporan Reuters.

(Uu.KR-DVI/B002)

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar