counter

Program indonesiabaik.id Kemkominfo juara WSIS

Program indonesiabaik.id Kemkominfo juara WSIS

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)

Jakarta (ANTARA News) - Program Indonesiabaik.id milik Kementerian Komunikasi dan Informatika terpilih menjadi juara (winner) dalam World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2018 yang diselenggarakan oleh International Telecommunication Union (ITU) di Jenewa, Swiss.

"Alhamdulillah kami juara pertama dari salah satu kategori tersebut dan yang sisanya champion ini baru pertama kali besar 11 inisiatif, tahun lalu hanya empat," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Jakarta, Rabu.

Program Indonesiabaik.id menjadi pemenang setelah dinilai tim ahli ITU dan mendapat suara terbanyak pada voting Forum WSIS 2018 di Jenewa, Swiss.

Program itu dinilai sebagai portal kebijakan publik terbaik dalam menangkal informasi palsu atau hoax di Indonesia.

Indonesiabaik.id yang diperkenalkan sejak 6 Juni 2017 merupakan program "soft campaign government public relation" di bawah naungan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik dengan tujuan sebagai salah satu pembuat konten serta media jejaring konten positif untuk melawan hoax di Indonesia.

Sementara, WSIS Prizes 2018 diikuti sekitar 700 inisiatif dari berbagai negara yang dilombakan dalam 18 kategori.

Inisiatif tersebut kemudian disaring ketat oleh tim ahli dari ITU dan dipilih melalui voting oleh masyarakat umum untuk kemudian dipilih sekitar lima inisiatif sebagai champion (pemenang kedua) setiap kategorinya.

Terakhir, lima champion pada setiap kategori dinilai oleh tim ITU untuk ditetapkan sebagai winner.

"Apresiasi dunia ke Indonesia makin tinggi, kita menangani digital untuk konten positif lebih diapresiasi lagi," tutur Rudiantara.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar