Kemenag: indeks kerukunan umat beragama 2017 72,27

Kemenag: indeks kerukunan umat beragama 2017 72,27

Arsip - Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban Din Syamsuddin (tengah) bersama Ketua Umum Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) Effendy Simbolon (ketiga kanan) dan Pimpinan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ephorus Darwin Lumban Tobing (kanan) melakukan pertemuan tokoh agama di komplek HKBP Pearaja Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Selasa (5/12/2017). Kunjungan itu dalam rangka bersilahturahmi antara pimpinan umat Kristen Batak Protestan yang bertujuan untuk menguatkan kerukunan antara umat beragama. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Jakarta (ANTARA News) - Hasil Survei Nasional Kerukunan Umat Beragama yang dilakukan Badan Penelitian Pengembangan dan Pendidikan Pelatihan Kementerian Agama menunjukkan Indeks Kerukunan Umat Beragama di Indonesia pada 2017 berada di angka 72,27.

"Kami bersyukur hasil survei masih baik, di atas angka 70 dan dikategorikan baik," kata Kepala Balitbang dan Diklat Kementerian Agama Abdurrahman Mas`ud di Jakarta, Kamis.

Abdurrahman mengatakan penelitian tersebut bukan satu-satunya yang dilakukan di Indonesia. Masih banyak penelitian lain dengan hasil yang beragam.

Namun, seperti halnya penelitian lain, Abdurrahman menyatakan tim peneliti Kementerian Agama siap mempertanggungjawabkan hasil survei tersebut secara akademik.

"Kami bukan bermaksud menyatakan hasil penelitian ini yang terbaik di antara penelitian lainnya," ujarnya.

Survei Nasional Kerukunan Umat Beragama 2017 dilakukan pada 7 Desember hingga 20 Desember di 31 provinsi, baik di kota yang termasuk ibu kota maupun kota satelit.

Survei dilakukan terhadap 7.140 responden yang berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah dengan metode "Multistage Clustered Random Sampling" dengan ambang batas kesalahan 1.046 persen dan tingkat kepercayaan 99,6 persen.

Indeks Kerukunan Umat Beragama Indonesia 2017 72,27 yang menunjukkan kondisi kerukunan umat beragama di Indonesia adalah baik.

Indeks tersebut diperoleh dari hasil pengukuran tiga indikator, yaitu toleransi (70,91), kesetaraan (72,38) dan kerja sama (73,51).

Baca juga: Presiden bagikan "tips" jaga kerukunan bangsa

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Menag: Indeks Kerukunan Umat Beragama semakin baik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar