Dalam proses perumusan dan pengambilan keputusan, harus betul-betul memperhatikan sekaligus mengakomodasi aspirasi masyarakat...
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewanti-wanti aparatnya agar memperhatikan dan mengakomodasi aspirasi warga serta mendukung upaya pencapaian visi dan misi pemerintah provinsi.

"Dalam proses perumusan dan pengambilan keputusan, harus betul-betul memperhatikan sekaligus mengakomodasi aspirasi masyarakat yang berkembang dinamis. Perhatikan kebutuhan-kebutuhan sampai di level keluarga," katanya saat menyampaikan arahan dalam Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Administrasi Jakarta Barat Tahun 2018 di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kamis.

Forum Musrenbang Jakarta Barat, menurut dia, juga harus merumuskan rencana pembangunan sesuai dengan kebutuhan dan membahas program-program yang dekat dengan keseharian warga.

"Saya ingin Musrenbang ini jangan hanya membahas program-program yang jauh dari keseharian warga, tetapi justru yang dekat dengan keseharian warga. Gunakan indikator yang berkaitan langsung dengan kesejahteraan masyarakat," ujar Anies.

Forum Musrenbang, ia menjelaskan, juga harus dapat merealisasikan visi dan misi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjadikan wilayahnya sebagai wilayah yang maju, lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua.

"Saya sebutkan istilah keberadaban dan kesejahteraan bagi semua. Jadi, tolong dalam perencanaan nanti, jangan sampai berat ke sekelompok orang saja, tetapi harus seimbang untuk seluruh warga Jakarta Barat," tutur Anies.

Dia juga berharap kemajuan, kesejahteraan serta keadilan dapat dirasakan oleh seluruh keluarga yang ada di wilayah DKI Jakarta.

"Melalui Forum Musrenbang ini, jangan sampai ada aspirasi yang valid yang terlewatkan, meskipun belum semua aspirasi warga bisa diakomodasi. Saya berharap semua program yang dibahas dalam forum ini bersifat konkret," katanya.

Forum Musrenbang Kota Administrasi merupakan rangkaian proses perencanaan berjenjang yang diawali dengan Rembuk RW, Musrenbang Kelurahan dan Musrenbang Kecamatan dalam rangka menyusun masukan bagi penyempurnaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah DKI Jakarta Tahun 2019.

Baca juga: Wapres JK minta Anies-Sandi jadikan Jakarta kota terbaik

Pewarta: Susylo Asmalyah, Cornea Khairani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018