Banyuwangi (ANTARA News) - Satu dekade setelah game vertikal mempelopori revolusi aplikasi, game mobile terus mendominasi belanja konsumen dalam ekonomi aplikasi.

Dalam siaran pers yang diterima Antaranews, Kamis, App Annie dan IDC’s Gaming Spotlight 2017 Review mengungkap bahwa game mobile mewakili 80 persen dari total pembelanjaan konsumen di seluruh dunia untuk toko iOS dan Google Play pada tahun 2017.

Jumlah tersebut mencapai 40 persen dari total unduhan di seluruh dunia.

Gameplay Player vs Player (PvP) sejauh ini yang paling populer di iOS dan Google Play, mengambil dua tempat teratas untuk belanja konsumen di iOS dan Google Play.

Menurut aplikasi data pasar App Annie, industri game adalah salah satu pasar terbesar yang aplikasinya telah didefinisikan ulang -- game mobile melampaui baik konsol game rumahan dan game PC/Mac dalam hal belanja konsumen pada tahun 2014.

Data dari App Annie menunjukkan bahwa, pada 2017, belanja game mobile adalah 2,3 kali game PC/Mac, dan 3,6 kali lipat dari konsol permainan rumahan di mana pengeluaran langsung untuk seluler melebihi total pengeluaran gabungan pada konsol rumah, PC/MAC dan konsol game genggam.

Laporan ini juga menjelaskan bahwa 60 persen pengeluaran global untuk permainan berasal dari kawasan Asia Pasifik, sebagian besar dipimpin oleh Cina, Jepang, dan Korea Selatan.

Dalam hal sistem operasi, pengguna menghabiskan lebih banyak waktu pada iOS daripada Google Play dalam permainan, meskipun Google Play memiliki belanja konsumen yang lebih besar.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018