Jakarta (ANTARA News) - Produk makanan berupa ayam olahan (nugget) asal dalam negeri berhasil menembus pasar Jepang, yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja ekspor nasional untuk ke depan.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa untuk menembus pasar Negeri Sakura tersebut bukan perkara mudah, karena Jepang menerapkan standar yang tinggi khususnya untuk produk-produk makanan dan minuman.

"Saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, ini merupakan perusahaan pertama yang melakukan ekspor nugget ayam ke Jepang dan turut berkontribusi dalam meningkatkan devisa ekspor nasional Indonesia," kata Enggartiasto.

Ia melakukan pelepasan ekspor perdana nugget ayam ke Jepang hasil produksi PT Belfoods Indonesia (Belfoods), anak perusahaan PT Sierad Produce Tbk dari Gunung Sewu Group.

Ekspor perdana tersebut sebanyak satu kontainer produk ayam olahan itu.

Enggartiasto menambahkan, ekspor perdana tersebut diharapkan menjadi awal yang baik untuk mulai memajukan industri ayam olahan Indonesia ke pasar internasional. Jika produk nugget ayam Indonesia dapat masuk ke Jepang, nantinya akan lebih mudah untuk masuk ke negara lain.

Jepang dipilih sebagai tujuan ekspor produk nugget ayam karena potensi pasarnya yang sangat besar. Konsumsi produk makanan olahan berbasis unggas di Jepang mencapai dua miliar dolar per tahun. Namun, saat ini masih didominasi Tiongkok dan Thailand.

"Indonesia memiliki peluang pasar yang sangat besar di Jepang jika dapat menjaga konsistensi mutu dan efisensi sehingga dapat bersaing dengan produk-produk dari China dan Thailand," ujar Enggartiasto.

Dengan diresmikannya ekspor perdana itu, Enggartiasto mengharapkan perusahaan-perusahaan yang mengolah dan memproduksi ayam olahan dan telah mendapatkan persetujuan serta izin dari Pemerintah Jepang, dapat segera melakukan tindak lanjut.

Mendag juga mengajak para eksportir dan calon eksportir ayam olahan Indonesia agar bersama-sama melakukan pembinaan dengan peternak lokal.

"Dengan demikian, ekspor tidak hanya untuk meningkatkan devisa nasional, tetapi juga meningkatkan taraf hidup para peternak Indonesia. Selain itu, program hilirisasi pemerintah juga berjalan dengan sukses dan perekonomian Indonesia menjadi semakin baik," pungkas Enggartiasto.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018