Banyuwangi (ANTARA News) - Menteri Pertanian Amran Sulaiman berkomitmen untuk mengamankan bawang putih saat Ramadhan tiba.

"Harga bawang putih di sini Rp16.000, harga konsumsi Rp20.000, Rp25.000 paling tinggi di pasar tradisional. Intinya kita amankan Ramadan dan sesudah Ramadan," kata Menteri Amran disela panen bawang putih di Desa Taman Sari, Banguwangi, Jawa Timur, Kamis.

Kementerian Pertanian memanen bawang putih yang berlokasi di sentra baru pengembangan bawang putih Kabupaten Banyuwangi yang terletak di Dusun Jambu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin di kaki Gunung Ijen.

Dari pantauan Antaranews, Kamis, pada laman Info Pangan DKI Jakarta, rata-rata harga bawang putih di sejumlah pasar di DKI Jakarta adalah Rp40.720 per kilogram.

Untuk itu, Mentan berniat untuk melakukan penanaman bawang putih di wilayah lainnya, yaitu Temanggung dan Malang. Bahkan, Mentan mencanangkan swasembada bawang putih pada 2019.

Tak hanya bawang putih, seperti tahun sebelumnya, dalam rangka menjamin ketersediaan pasokan aneka cabai dan bawang pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Kementerian Pertanian telah melakukan berbagai upaya.

Baca juga: Bawang putih Kementan bantu ekonomi masyarakat sekitar

Baca juga: Indef: impor bawang putih harus dievaluasi

Baca juga: Mentan panen perdana bawang putih di Banyuwangi


Kementan bekerjasama dengan para Champion Bawang Merah dan Aneka Cabai untuk membantu stabilisasi pasokan dari sentra produksi ke pasar terutama Jabodetabek.

Selain itu, Kementan juga berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Pemerintah Daerah DKI, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Kementerian Perdagangan.

Tidak hanya itu, Kementan juga bekerja sama dengan Satgas Pangan terkait pengawalan pasokan dan harga komoditas bawang merah dan cabai, serta melakukan pemantauan intensif pertanaman dan ketersediaan di sentra produksi bawang merah dan cabai.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018