Jakarta (ANTARA News) - 32 tim yang terbagi dalam 16 tim putra dan 16 tim putri, telah melalui undian grup Piala Thomas dan Uber yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, Kamis.

Berdasarkan laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Kamis, hasil pengundian, menempatkan juara bertahan Piala Thomas, Denmark, akan berhadapan dengan Malaysia, Rusia dan Aljazair di grup D, sementara unggulan pertama Piala Thomas, China, akan menghadapi India, Prancis dan Australia di Grup A.

Indonesia, berada di grup B yang kemungkinan penuh kejutan dengan adanya tuan rumah Thailand, Korea Selatan dan Kanada, sementara di grup C Taiwan akan menghadapi Jepang, Jerman dan Hong Kong.

Di Piala Uber, unggulan pertama Jepang, berada di grup A bersama India, Kanada dan Australia. Sementara juara bertahan China, akan berusaha mempertahankan gelarnya dengan memulai dari grup D bersama Indonesia, Prancis dan Malaysia.

Di grup B piala uber, ada Thailand yang akan menghadapi tantangan tamu mereka, Taiwan, Jerman dan Hong Kong. Sedangkan di grup C, ada Korea Selatan yang bisa menjadi juara Piala Uber di tengah dominasi China dalam dua dekade terakhir, bersama Denmark, Rusia dan Mauritius.

Bergabung dalam tim yang bisa dikatakan tidak mudah, tim Indonesia tetap yakin bisa melalui fase grup ini dan menyatakan siap menghadapi lawan manapun.

"Kami harus siap melawan siapapun. Kami tidak pernah meremehkan lawan tapi juga tidak menganggap lawan lebih baik dari kami, karena dalam satu pertandingan peluang kita sama dan selalu ada kesempatan bagi siapapun yang siap, berusaha dan kerja keras," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, dalam pesan singkatnya pada Antara, Kamis malam.

Dalam Piala Thomas dan Uber ini, Susy menyebut mereka saat ini fokus untuk lolos ke delapan besar terlebih dahulu dan mengharapkan semua atlet yang masuk tim siap untuk berlaga di ajang prestisius tersebut pada 20-27 Mei 2018 mendatang.

"Siapapun lawannya kita harus siap dan tidak boleh menganggap remeh lawan. Kami harap semua atlet juga memiliki tanggung jawab yang sama, sehingga semua bisa menyumbangkan poin bagi tim Indonesia," ujar dia

Sementara itu, tim Thomas tuan rumah Thailand, mengaku beruntung bisa satu grup bersama Indonesia dan Korea Selatan, karena mereka merasa dalam Kejuaraan Beregu Asia yang lalu mereka telah bermain luar biasa.

"Paling tidak mereka punya peluang untuk posisi kedua di grup dan melaju ke perempat final," ujar Rexy, dikutip dari akun twitter Badmintalk.

Tim Thomas Indonesia meraih tiket putaran final setelah keluar sebagai juara di Kejuaraan Beregu Asia tim putra. Sementara tim Putri meraih kepastian ke Piala Uber usai finis di fase semifinal dan harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 0-3.

Adapun hasil undian lengkap Piala Thomas dan Piala Uber yang akan dihelat di Bangkok, Thailand, pada 20-27 Mei 2018 adalah:

Piala Thomas:

Grup A: China, India, Prancis, Australia

Grup B: Indonesia, Korea Selatan, Kanada, Thailand

Grup C: Taiwan, Jepang, Jerman, Hong Kong

Grup D: Denmark, Malaysia, Rusia, Aljazair



Piala Uber:

Grup A: Jepang, India, Kanada, Australia

Grup B: Thailand, Taiwan, Jerman, Hong Kong

Grup C: Korea Selatan, Denmark, Rusia, Mauritius

Grup D: China, Indonesia, Prancis, Malaysia

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018