Chicago (ANTARA News) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), dipicu pembelian "safe-haven", karena para pedagang menunjukkan ketakutan mereka atas kemungkinan perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Xinhua melaporkan, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April naik 5,9 dolar AS, atau 0,45 persen, menjadi ditutup pada 1.327,4 dolar AS per ounce.

Presiden AS Donald Trump pada Kamis (22/3) menandatangani nota yang dapat mengenakan tarif impor hingga 60 miliar dolar AS dari China, langkah unilateral terbaru yang menimbulkan ancaman terhadap perdagangan global.

Para analis mencatat bahwa sifat "safe haven" dari logam mulia menarik bagi para investor, memberikan dukungan untuk emas selama sesi perdagangan.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Mei turun 3,2 sen, atau 0,19 persen, menjadi menetap di 16,387 dolar AS per ounce. Platinum untuk penyerahan April turun 1,5 dolar AS, atau 0,16 persen, menjadi ditutup pada 949,1 dolar AS per ounce.

(UU.A026)
 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018