Jakarta (ANTARA News) - Perpustakaan Nasional akan menghadirkan pustaka digital, yang mencakup arsip-arsip kegiatan dan pidato para wakil presiden Republik Indonesia, di Gedung Layanan Perpustakaan Nasional Jakarta.

"Perpustakaan digital itu akan diresmikan secara simbolis oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Perpustakaan," kata Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando di Jakarta, Jumat.

Rapat Koordinasi Nasional Perpustakaan akan dilaksanakan di Jakarta pada Senin (26/3) hingga Rabu (28/3).

Kepala Biro Umum Sekretariat Wakil Presiden Azhari Maulana mengatakan pengembangan perpustakaan digital itu bermula dari keinginan untuk menyimpan dokumentasi kegiatan dan pidato wakil presiden yang selama ini tidak didapatkan di perpustakaan atau tempat lain.

"Sebagai perpustakaan khusus, Perpustakaan Digital Wakil Presiden seharusnya memiliki koleksi dari seluruh wakil presiden mulai dari Mohammad Hatta hingga Jusuf Kalla," tuturnya.

Azhari mengatakan penyediaan perpustakaan digital itu ditujukan untuk memudahkan masyarakat mencari arsip kegiatan wakil presiden, baik yang berupa audio, video mau pun  foto kegiatan wakil presiden di dalam dan luar negeri.

"Informasi terkait wakil presiden saat ini mungkin sudah ada tetapi terpencar-pencar. Kerja sama dengan Perpustakaan Nasional akan berupaya mengumpulkan dan menyebarluaskan informasi terkait kegiatan wakil presiden," katanya.

Baca juga: Menjelajahi gedung baru Perpustakaan Nasional

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018