London (ANTARA News) - Mantan drummer The Beatles, Ringo Starr menerima gelar kebangsawanan atas kiprahnya di bidang musik.

The Duke of Cambridge menganugerahkan gelar kepada bintang kelahiran Liverpool dalam upacara yang dihelat di Buckingham Palace.

"Sesungguhnya penghargaan itu begitu berarti," kata musisi kepada BBC. "Itu penghargaan atas apa yang kami kerjakan. Saya benar-benar bersukacita atas pemberian gelar itu."

Penghargaan itu diberikan setelah 53 tahun the Beatles menerima penghargaan sebagai anggota keluarga Kerajaan Inggris (Members of British Empire/MBE). Dan Starr mengatakan ia merindukan kehadiran rekan-rekannya yang lain yang pernah bermain bareng.

Baca juga: Ringo Starr kangen The Beatles

"Saya sedikit terharu hari ini," katanya sebagaimana dikutip dari laman BBC.

Ringo bergabung bersama The Beatles pada 1962. Tidak lama kemudian mereka meneken kontrak rekaman.

Ketika The Beatles menerima penghargaan MBE pada Oktober 1965, meski ada sedikit kontroversi.

Rock and roll masih dipandang dengan penuh curiga, dan akhirnya gelar itu dikembalikan dengan penuh "penyesalan".

John Lennon kemudian mengklaim bahwa the Beatles begitu gugup ketika bertemu dengan Ratu Inggris.

"Siapa yang mengatakan itu?" kata drummer itu sesudah upacara itu digelar pada Selasa pekan ini. "Saya tidak mendengar rumor itu."

Ia datang ke upacara itu bersama dengan istrinya, Barbara Bach. Keduanya mengacungkan dua jari yang menyimbolkan tanda perdamaian kepada fans dan para fotografer.

Ketika ditanya apakah ia ingin dikenal sebagai Sir Ringo, musisi yang bernama asli Richard Starkey itu menjawab, "Saya tidak tahu. Hal yang baru bagi saya. Dan saya tidak tahu bagaimana saya menggunakannya dengan sepantasnya."

Kembali kepada wartawan BBC, Colin Paterson, ia menambahkan, "Saya berharap anda menggunakannya (gelar) itu."

Ringo Starr yang kini berusia 77 tahun itu menambahkan bahwa ia tidak tahu apa yang akan dilakukan dengan medali kebangsawanannya itu.

"Saya akan mengenakannya ketika makan pagi," katanya sembari melucu.

Pemberian gelar itu terjadi setelah 21 tahun, personel the Beatles, Paul McCartney menerima gelar kebangsawanan juga.

Starr mengatakan bahwa mereka bertemu dalam makan malam pekan lalu di Los Angeles. Dan Sir Paul menawarkan nasehat kepadanya atas seremoni itu, "Teruslah tersenyum."

Orang lain yang menerima penghargaan itu mencakup penulis Jilly Cooper dan Michael Morpurgo, mantan pemain rugbi Skotlandia, John "Ian" McLauchlan, pemain rugbi Wales, Sam Warburton.

Baca juga: Paul McCartney dan Ringo Starr reuni

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018