Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Mercedes, Valtteri Bottas, mengalami kecelakaan pada sesi kualifikasi seri pembuka Grand Prix Formula 1 musim 2018 di Sirkuit Albert Park Melbourne, Australia, Sabtu.

Bottas mengalami kecelakaan di tikungan pertama Q3 karena menikung terlalu melebar dengan kecepatan tinggi sehingga pebalap Finlandia itu kehilangan kendali lalu menabrak pembatas di tepi lintasan.

Akibat insiden itu, mobil Bottas mengalami kerusakan terutama di bagian kanan. Hal itu terlihat dari dua roda yang nyaris terlepas serta bagian depan dan sayap yang patah.

Bottas yang tidak mengalami cedera parah mengatakan kecelakaan itu terjadi karena ia membelok terlalu melebar di tikungan pertama dengan kondisi sirkuit yang basah.

"Saya memulai lap pertama dan mengambil lebih banyak lintasan setelah tikungan pertama, agak terlalu lebar dan terkejut karena masih agak lembab dari hujan," kata Bottas dilansir Skysports F1, Sabtu.

"Saya kehilangan bagian belakang mobil, mencoba untuk memperbaikinya tetapi itu terjadi begitu cepat dan tidak ada yang bisa saya lakukan," katanya.

Nico Rosberg yang posisinya di Mercedes digantikan Bottas pada 2017, mengatakan kecelakaan itu murni disebabkan kesalahan Bottas.

"Itu jelas salahnya, itu tidak baik untuk kepercayaan diri," kata Rosberg.

Adapun rekan satu tim Bottas di Mercedes, Lewis Hamilton, menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi diikuti Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel.

Baca: Hamilton tercepat pada kualifikasi GP F1 pembuka di Australia

 

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018