Dody-Icuk menahkodai Asosiasi Bola Tangan Indonesia

Dody-Icuk menahkodai Asosiasi Bola Tangan Indonesia

Icuk Sugiarto (ANTARA FOTO/Budiyanto)

Jakarta (ANTARA News) - Dody Usodo Hargo dan Icuk Sugiarto menahkodai Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) setelah pada Musyawarah Nasional di Hotel Santika, Jakarta, Sabtu, terpilih secara aklamasi oleh pemilik suara sah terdaftar.

Sebelum ditetapkan secara aklamasi, antara Dody Usodo Hargo yang merupakan Wakil Ketua Umum III KONI Pusat dan Icuk Sugiarto terlihat saling menyebarkan pengaruh kepada pemilik suara.

Icuk yang merupakan salah satu legenda bulu tangkis Indonesia meski belum begitu mengenal bola tangan ternyata mendapatkan cukup banyak dukungan. Namun, di lokasi munas semuanya berubah dan akhirnya pemilihan tuntas dengan aklamasi.

"Munas berlangsung dengan kondusif dan diputuskan dengan musyawarah mufakat. Tidak perlu sampai voting yang biasanya sering memunculkan polemik baru," kata Dody Usodo Hargo usai munas.

Dengan kepercayaan yang didapat, pihaknya bersama dengan Icuk Sugiarto akan bergerak cepat untuk mengendalikan bola tangan mengingat cabang olahraga ini bakal dipertandingkan pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Tidak hanya itu bola tangan merupakan cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade. Hanya saja, di Indonesia perkembangan belum maksimal sehingga menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama dengan perangkat ABTI periode 2018-2023.

"Potensi olahraga ini sangat besar. Kita juga tidak membutuhkan lapangan besar. Hampir sama dengan futsal. Futsal saja bisa berkembang pesat di Indonesia. Makanya kami menilai bola tangan bisa besar," kata Dody Usodo.

Khusus untuk pelatnas Asian Games 2018, Dody bersama Icuk mengaku akan melakukan evaluasi terhadap pemain yang ada saat ini mengingat pelaksanaan kejuaraan empat tahunan ini tinggal lima bulan lagi.

"Kami akan bicara dengan manajer dan pelatih yang selama ini menangani tim. Kami akan melihat sejauh mana perkembangannya sebelum menentukan langkah selanjutnya," kata Dody.

Sementara itu Icuk Sugiarto mengaku siap mengembah amanah meski dirinya belum sepenuhnya cabang olahraga bola tangan. Meski demikian, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan olahraga olimpik ini.

"Ini adalah amanah. Jadi saya siap bersama dengan Pak Dody untuk mengembangkan bola tangan di Indonesia," kata mantan pemain bulu tangkis tunggal putra Indonesia itu.

Demi menunjang persiapan Asian Games 2018, ABTI berencana mengalihkan pelatnas bola tangan dari Jakarta ke Icuk Sugiarto Training Camp (ISTC) Sukabumi, Jawa Barat.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar