Jakarta (ANTARA News) - Sulawesi menyimpan kekayaan kuliner yang istimewa, khususnya beragam jenis ikan yang berasal dari perairan Celebes.

Makassar adalah salah satu dari sekian banyak tujuan wisata kuliner Tanah Air, apalagi mereka yang gemar menyantap seafood segar. 

Tapi jangan khawatir bila belum sempat berkunjung ke pulau itu karena cita rasa masakan Makassar bisa dinikmati di ibu kota, salah satunya restoran Sulawesi@Menteng.

Restoran Sulawesi didirikan pebisnis Makassar Darmawan Halim. Pertama kali dibangun di Bandung 15 tahun lalu, restoran ini hadir juga di Kemang dan Kuningan, Jakarta.

Pengunjung bisa memilih ikan Sulawesi jenis apa yang ingin mereka santap. Ada ikan sukang, kaneke, sunu, kakap, papakulu, cepak, kudu kudu, bawal, baronang, bandeng dan kalamba.
 
Aneka sambal di restoran Sulawesi@Menteng, Jakarta (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


Pencinta ikan bakar bisa mencoba menu Kaneke Tradisional yang disajikan dengan satu set sambal berisi sambal mangga camangi, sambal dabu dabu dan sambal petis.

Ikan kaneke ini direndam dengan jeruk nipis agar tidak berbau amis, kemudian dibakar dengan arang batok kelapa sehingga aromanya lebih harum, dagingnya lebih lembut dan lebih cepat matang.
 

Yang tak kalah lezat adalah ikan sukang dengan kombinasi sambal rica rica dioleskan di satu sisi dan sambal parape di sisi lain. Jika lebih suka pedas, Anda bisa memilih sambal rica rica saja.
 
Udang telur asin restoran Sulawesi@Menteng, Jakarta (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


Salah satu andalan restoran ini adalah menu udang telur asin yang gurih dan lezat. 

Ada juga ayam Topalada serta coto Makassar yang enak disantap dengan buras, ketupat ala Makassar yang dimasak dengan santan.

Tidak hanya seafood, restoran ini juga menyajikan ragam mie. Salah satu yang bisa dicoba adalah Mie Titi, mie tipis renyah yang disiram kuah panas kental berisi potongan sayuran dan seafood.
 
Otak otak di restoran Sulawesi@Menteng, Jakarta (ANTARA News/ Nanien Yuniar)


Sebagai penutup, nikmati otak otak dengan saos petis kemudian bilas rasa pedas dengan es markisa atau es angin mamiri.

Bila masih belum kenyang, Anda bisa memesan makanan penutup seperti es pisang ijo, es kacang merah, es duren cendol atau es palubutung.

Menu-menu di restoran berkonsep casual dining ini bisa dinikmati dengan merogoh kocek sekitar Rp250.000 untuk dua orang.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018