Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Idrus Marham mendorong Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan Sosial (BBPPKS) Regional IV Kalimantan menjadi pusat pendidikan dan pelatihan bagi pekerja sosial (peksos) dan mitra kerja sosial.

"Balai pelatihan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan sosial. Saya mendukung BBPPKS ini jadi pusat pelatihan dari para pekerja sosial. Kalau bisa dari kementerian lain juga diikutsertakan," kata Idrus dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin.

BBPPKS merupakan salah satu unit pelaksana teknis (UPT) dari Badan Pendidikan, Pelatihan, dan Penyuluhan Sosial (Badiklit Pensos) yang mempunyai tanggung jawab melaksanakan pendidikan dan pelatihan kesejahteraan sosial.

Melalui pendidikan dan pelatihan tersebut diharapkan BBPPKS mampu mewujudkan tenaga kesejahteraan sosial, pekerja sosial, penyuluh sosial dan relawan sosial yang kompeten dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Mensos yang melakukan kunjungan kerja ke Banjarbaru, Kalimantan Selatan juga berharap bahwa akan lebih baik jika sejak awal peningkatan kapasitas SDM dapat diintegrasikan melalui pendidikan dan pelatihan bersama.

"Sehingga menjadi satu kesatuan dalam upaya kesejahteraan sosial," katanya.

Mensos Idrus memberikan motivasi bahwa mitra kerja sosial di bawah pembinaan Badiklit berperan strategis dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018