Jakarta (ANTARA News) - Instagram beberapa waktu lalu memutuskan akan kembali ke lini masa lama mereka yang sesuai dengan urutan waktu unggahan, atau beberapa orang menyebutnya timeline kronologis.

Salah satu tanda pembaruan ini adalah ada tombol “New Posts” untuk memperbarui (refresh) lini masa secara manual, berbeda dengan versi lama yang membuat laman refresh secara otomatis dan akan kembali ke lini masa paling awal.

Tapi, menurut laman GSM Arena, urutan waktu di Instagram baru belum sepenuhnya berurutan, masih ada konten yang memiliki rentang waktu jauh dari saat pengguna melihat lini masa.

Pada versi terdahulu, Instagram selama beberapa waktu menggunakan timeline berbasis algoritme sehingga konten yang muncul berdasarkan apa yang platform tersebut pikir sesuai dengan kesukaan pengguna, bukan sesuai dengan urutan waktu.

Skema ini banyak mendapat protes dari pengguna Instagram di dunia, yang ingin timeline mereka dikembalikan ke urutan waktu seperti yang diperkenalkan sejak awal platform tersebut muncul.

Baca juga: Instagram siapkan fitur regram stories

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018