Jakarta (ANTARA News) - Kereta Bandara Soekarno-Hatta ditargetkan bisa diakses dari Stasiun Manggarai pada awal 2019.

"Awal 2019 Manggarai bisa untuk KA Bandara," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan saat ini baru bisa diakses dari Stasiun Sudirman Baru karena masih dilakukan pembangunan jalur rel dwiganda (double double track) di Stasiun Manggarai.

Zulfikri menjelaskan terdapat dua tahap pengerjaan jalur dwiganda yang melintas di Stasiun Manggarai, yaitu Fase I dan Fase II.

Fase I, yaitu penyelesaian jalur dwiganda dari Kranji sampai Manggarai, modernisasi beberapa stasiun, salah satunya Stasiun Manggarai yang ditargetkan akhir tahun ini selesai.

"Nanti `Central Line` dan `Bekasi Line` terpisah jalurnya, sehingga `bottleneck` kita atasi. Fase pertama ini sampai akhir 2019," katanya.

Sementara itu, Fase II yaitu penyelesaian jalur dwi ganda dari Bekasi hingga Manggarai serta penyelesaian pembangunan beberapa stasiun di Bekasi.

Dia menyebutkan penyelesaian Fase II ditargetkan pada 2022, namun Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta dipercepat hingga 2020 harus sudah seleasai.

"Pak Menteri maunya 2020 karena biar penumpang KRL kapasitasnya naik karena yang sekarang sudah full. `Double double track` beroperasi dan pemisahan jalur KA jarak jauh dan komuter bisa dilakukan dari Bekasi sampai Manggarai, terus KA jarak jauh bisa berakhir di Manggarai," katanya.

Dia mengatakan saat ini rencana percepatan tersebut masih dipelajari dan akan digenjot agar rampung pada 2020.

Baca juga: Menhub minta jalur KA dwiganda Manggarai-Cikarang dipercepat

Baca juga: Rel dwiganda Manggarai-Cikarang rampung dua tahun lebih cepat

Baca juga: Proyek DDT Manggarai - Jatinegara dilanjutkan

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018