Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan proyek Palapa Ring Barat sudah selesai dan siap beroperasi sehingga diharapkan para operator seluler bisa segera memanfaatkan jaringan kabel fiber optik bawah laut itu untuk meluaskan jaringan sampai ke pedesaaan.

Hal itu disampaikan Rudiantara saat mengunjungi Pusat Operasional Jaringan Palapa Ring Barat di Natuna, Kepulauan Riau, demikian keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin.

"Palapa Ring Barat itu ibaratnya jalan tol, operator nantinya yang membangun jalan akses. Pemerintah akan berikan diskon dan kami berharap pemerintah daerah mempermudah proses perizinannya," katanya.

Rudiantara mengatakan keringanan biaya sewa dan kemudahan perizinan pun akan diberikan oleh pemerintah untuk pemakaian Palapa Ring Barat.

Menurut dia, proyek itu merupakan wujud keberpihakan pemerintah untuk memberikan layanan komunikasi dan internet bagi seluruh masyarakat yaitu pemerintah membangun infrastruktur pendukung tanpa memikirkan untung rugi.

"Di Natuna ini secara ekonomi memang kurang menguntungkan, karena itulah kami sediakan jaringan fiber optik ini. Diharapkan dalam 2020, ke-76 desa yang berpenduduk bisa menikmati fasilitas komunikasi dan internet. Alhamdulillah, saat ini di Natuna sudah bisa 4G," tegasnya.

Dia mengungkapkan Proyek Palapa Ring tidak menggunakan Peraturan Presiden namun menggunakan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan skema pembiayaan Ketersediaan Layanan (Availability Payment) sehingga prosesnya menjadi lebih cepat dan transparan, bahkan kini sudah bisa mulai beroperasi untuk kebutuhan commercial operation data (COD).

Saat ini juga dilakukan pembangunan infrastruktur pendukung di Indonesia bagian barat sehingga nantinya akses Palapa Ring ini tidak hanya digunakan untuk selular tetapi juga untuk internet.

Baca juga: Kesuksesan Palapa Ring diharap dorong investasi swasta

Baca juga: Seluruh Indonesia terkoneksi internet cepat sebelum 2024

Baca juga: Kemkominfo luncurkan uang elektronik bertema Palapa Ring

Pewarta: Arie Novarina
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018