Kapal pesiar Seabourn sandar di Sabang

Kapal pesiar Seabourn sandar di Sabang

Ilustrasi - Kapal pesiar Seabourn Encore yang bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (14/11/2017). (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Sabang, Aceh, (ANTARA News) - Kapal Persiar MS Seabourn Encore berbendera Bahamas /Nassau yang membawa 552 wisatawan dari berbagai negara sandar di Pelabuhan CT-3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Selasa.

Kapal pesiar tersebut dinahkodai Kapten Bathgate David membawa sebanyak 975 turis terdiri dari, 552 wisatawan dan 423 crew berangkat dari Phuket (Thailand) dan tiba serta sandar di teluk Sabang tepatnya pukul 07.00 WIB.

Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Sayid Fadhil menyatakan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada setiap kapal pesiar (cruise) yang singgah di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

"Kita berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada setiap kapal cruise yang berkunjung ke Sabang demi meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sabang," katanya di pelabuhan CT-3 BPKS usai penyambutan Kapal MS Seabourn Encore.

Penyambutan kapal pesiar itu dihadiri sejumlah unsur Muspida dan Muspida plus serta turut melibatkan para pihak diantaranya, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) wilayah Sabang maupun travel, Organda, dan pihak terkait lainya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada turis kapal pesiar tersebut.

"Insya Allah Sabang bakal menjadi magnet kapal-kapal cruise dunia dan tahun ini direncanakan tujuh cruise akan berkunjung ke Sabang," ujarnya.

Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS Zulkarnaini Abdulah menjelaskan, Kapal Pesiar MS Seabourn Encore merupakan yang perdana singgah di pulau terluar paling ujung barat Indonesia.

"Kapal ini memiliki panjang 179.76 meter dengan lebar 27,9 Meter dan memiliki bobot 41.865 Gross Register Tonnage (GRT)," sebutnya di lokasi.

"Kapal pesiar yang dibuat di galangan Italia 2016 ini berlayar dari Phuket Thailand, dan direncanakan singgah di Sabang selama 12 jam kemudian melanjutkan pelayaran ke Colombo," jelasnya.

Informasi yang dihimpun Antara, pada 2018 sebanyak tujuh kapal pesiar akan singgah di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) meliputi, MS.Seabourn Encore, MS.Silver Discovery, MS.Europe 2, MS. Marella Discovery, MS.Seabourn Ovation, dan kapal islamic cruise MV.Costa Victoria.

Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar