Jakarta (ANTARA News) - Kemarin Jalur Puncak-Bogor Jawa Barat kembali ditutup karena longsor dan Jakarta menempati peringkat lima dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal di Asia Tenggara versi riset The Economist Intelligence Unit.

Selain itu ada berita mengenai Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melarang penggunaan air mineral dalam kemasan plastik dalam acara-acara kementeriannya serta rencana pengamanan penutupan Alexis dalam ringkasan berita kemarin berikut ini.

Jalur Puncak-Bogor kembali ditutup

Jalur Puncak-Bogor di Jawa Barat kembali ditutup karena Jalan Raya Puncak Pass yang sedang diperbaiki kembali amblas dan menyeret bronjong penahan tanah yang baru dibangun.

Tidak ada korban jiwa atau kendaraan yang terseret amblasnya jalan tersebut, namun petugas terpaksa menutup arus dari kedua arah guna antisipasi terjadinya longsor susulan.

Jakarta kota termahal kelima di Asia Tenggara

Jakarta berada dalam peringkat lima daftar kota besar dengan biaya hidup termahal di Asia Tenggara versi riset The Economist Intelligence Unit. Jakarta masih berada di bawah Singapura --yang mempertahankan gelar sebagai kota termahal di dunia--, Bangkok, Phnom Penh dan Ho Chi Minh City.

Hasil survei lembaga riset yang berada di bawah majalah mingguan The Economist yang dirilis 15 Maret 2018 juga menunjukkan perbaikan Jakarta yang pada 2017 menjadi kota termahal ketiga di Asia Tenggara.

Menteri Susi larang air mineral dalam kemasan plastik

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melarang penggunaan air mineral dalam kemasan plastik di acara-acara kementerian dalam upaya mengurangi sampah plastik yang susah diurai. Kementerian akan menyiapkan mekanisme pelaporan berkenaan dengan hal itu, serta  pengenaan sanksi dan denda bagi yang melanggarnya.

Polisi siapkan pengamanan penutupan Alexis

Polda Metro Jaya menyiapkan pasukan pengamanan menyusul rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup operasi Hotel dan Griya Pijat Alexis di Jakarta Utara.

Namun menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, kepolisian belum menerima permohonan bantuan pasukan untuk mengamankan penutupan Alexis dari pemerintah provinsi.

Polisi ciduk wartawan pemeras

Kepolisian Sektor Cisaat di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menciduk dua wartawan berinisial Ag dan He yang melakukan pungutan liar (pungli) atau pemerasan ke pedagang di wilayah Kecamatan Cisaat.

"Kedua oknum wartawan tersebut meminta sejumlah uang kepada pedagang dengan membawa proposal, bahkan keduanya pun mengancam pedagang jika tidak memberikan uang kepada mereka yang informasinya untuk merayakan ulang tahun medianya tersebut," kata Kepala Polsek Cisaat Kompol Budi Setiana tentang dua wartawan yang mengaku bekerja untuk Warta Sukabumi dan Buser itu.

Apple perkenalkan iPad murah

Apple meluncurkan iPad baru untuk pelajar, iPad dengan ukuran 9,7 inci yang mendukung stylus Apple Pencil yang dilengkapi Touch ID, kamera HD FaceTime, kamera belakang 8MP dan opsi menggunakan jaringan LTE.

Perangkat dengan chipset A10 Fusion dan baterai yang dapat bertahan selama 10 jam itu ditawarkan dengan harga 299 dolar AS (sekitar Rp4,1 juta) untuk pelajar dan guru, serta 329 dolar AS (Rp4,5 juta) untuk konsumen umum. Sementara Apple Pencil akan dijual terpisah seharga 89 dolar AS (Rp1,2 juta) untuk sekolah dan 99 dolar AS (Rp1,3 juta) untuk umum.

 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018