New York (ANTARA News) - Toyota RAV4 generasi kelima model 2019 akhirnya meluncur untuk pertama kalinya pada pameran New York International Auto Show, Rabu (28/3) waktu Amerika Serikat (AS).

Dilansir laman resmi Toyota Global, RAV4 generasi kelima merupakan hasil pengembangan Toyota berdasarkan masukan dari konsumen dan diler-diler mereka dalam beberapa tahun belakangan.

Dalam lima tahun terakhir, volume penjualan RAV4 berlipat ganda yang mempengaruhi daya tarik konsumen dan pertumbuhan kendaraan segmen sport utility vehicle (SUV).RAV4 merupakan model nomor satu dalam jajaran kendaraan Toyota dengan penjualan tertunggi di segmen non-pickup di pasar mobil AS.

RAV4 hadir dengan tampilan serba baru, namun tetap mengusung elemen desain SUV kecil yang menawarkan petualangan bagi penggunanya. Setiap panel bodi mendapatkan sentuhan canggih dengan tampilan yang menonjolkan bodi atletis dan sebuah mobil yang berkarisma.

Tampilan itu kian kuat dengan model "hidung" baru yang lebih dinamis, tampilan kuat, dilengkapi kaki-kaki berukuran 19-inci yang membuat mobil ini siap di bawa ke medan apapun.
Toyota RAV4 model 2019 debut di New York Auto Show 2018. (HO/Toyota Global)
 
Mobil ini mengimplementasikan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang membuat RAV4 memiliki rangka padat dan lebih kuat, dengan posisi yang lebih rendah namun menawarkan kabin luas.

Wheelbase yang dibuat lebih panjang dengan track depan dan belakang yang lebih lebar membuat mengemudi menjadi lebih stabil dan percaya diri. Guna keperluan melintasi medan off-road, overhang depan dan belakang dibuat lebih pendek.

Toyota juga mengklaim penggunaan sasis unibody membuat mobil ini 57 persen lebih rigid daripada versi sebelumya. RAV4 menggabungkan suspensi belakang multi-link yang menawarkan kenyamanan ideal serta ruang kabin yang lebih senyap. Ground clearance mobil ini naik lebih dari setengah inci dengan aerodinamika yang lebih baik.
 
RAV4 tersedia dalam dua sumber penggerak (powertrains), pertama mesin Dynamic Force 2.5-liter 4-Silinder Inline VVT-iE dengan 8 percepatan Direct-Shift Automatic Transmission.

Kedua, Dynamic Force 2.5-liter 4-Silinder Inline yang sudah memakai mesin Toyota Hybrid System II (THS II) dengan Electronically-Controlled Continuously-Variable Transmission (ECVT) yang tersedia dalam empat model hibrida.
Toyota RAV4 model 2019 debut di New York Auto Show 2018. (HO/Toyota Global)

 
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2018