Mohamed Salah, si pemecah rekor

Mohamed Salah, si pemecah rekor

Striker Liverpool Mohamed Salah. (Reuters)

Liverpool (ANTARA News) - Mohamed Salah mencetak gol ke-29 di ajang Liga Inggris (Premier League) musim ini saat Liverpool menaklukkan Crystal Palace 2-1 pada pertandingan pekan ke-32, Sabtu.

Penyerang sayap asal Mesir itu menjadi bintang yang paling bersinar di Liga Inggris, juga Eropa, karena sudah  mencetak 37 gol di semua kompetisi pada musim pertamanya bersama Liverpool. Bekas pemain Chelsea dan AS Roma itu juga mewarnai karirnya dengan memecahkan sejumlah rekor bersama The Reds.

Berikut rekor-rekor Mohamed Salah menurut catatan Opta, dilansir Skysports:

Pemain Liverpool gol terbanyak dalam satu musim di era Premier League


Salah telah mencetak 37 gol dalam satu musim yang masih berjalan di era Premier League, untuk melampaui catatan 36 gol milik Robbie Fowler pada musim 1995/96. Catatan Salah lebih mengesankan karena mencetak 37 gol dari 41 pertandingan, sedangkan Fowler 36 gol dalam 53 pertandingan.

Pemain Liverpool dengan gol terbanyak di musim pertamanya.

Salah menjadi pemain tersubur di musim pertamanya untuk Liverpool, melewati catatan gol Fernando Torres yang membukukan 33 gol pada musim 2007/08.

Gol kaki kiri terbanyak

Gol ke-29 Salah yang bersarang di gawang Palace memang dicetak menggunakan kaki kanan. Namun 22 gol sebelumnya dicetak pemain sayap itu menggunakan kaki kiri, dan menjadi yang terbanyak di Liga Inggris dalam satu musim.

Pemain Mesir tersubur

Salah telah mengibarkan bendera Mesir di Inggris karena torehan golnya melewati catatan seniornya, Ahmed Hossam Mido, yang pernah menorehkan 22 gol di Liga Inggris.

Ia juga menjadi pemain Mesir pertama yang mampu mencetak tiga sampai empat gol dalam satu pertandingan Liga Inggris.

Pemain Afrika dengan gol terbanyak dalam semusim

Gol Salah ke gawang Crystal Palace menempatkan dirinya sejajar dengan legenda Chelsea, Didier Drogba, sebagai pemain Afrika dengan torehan gol terbanyak di Liga Inggris. Drogba mencetak 29 gol untuk Chelsea selama musim 2009/10.

Mencetak gol di banyak pertandingan dalam semusim

Salah telah mencetak gol dalam 21 pertandingan Liga Inggris musim ini, menyamai catatan Cristiano Ronaldo dalam 38 pertandingan pada 2007/08 dan Robin van Persie pada musim 2012/13. Ia hanya gagal mencetak gol saat menghadapi Manchester United dan Swansea pada musim ini.

Rekor lain yang mungkin bisa dipecahkan Salah

Selain catatan di atas, Salah masih berpeluang memecahkan sejumlah rekor antara lain pencetak gol terbanyak Liga Inggris, pencetak gol dan assist terkombinasi musim ini, serta gol terbanyak dalam satu musim untuk pemain Liverpool.

Baca: Liverpool menang 2-1 atas Palace, Salah cetak gol penentu

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Piano John Lennon dipamerkan di Liverpool, rayakan ultah ke-80

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar