Karawang, Jawa Barat (ANTARA News) - "Contra flow" atau lawan arah diberlakukan jalan Tol Jakarta-Cikampek setelah arus lalu lintas superpadat pada puncak arus balik libur Paskah 2018, Minggu.

"Arus lalu lintas ke arah Jakarta cukup padat sejak sore, jadi perlu dilakukan `contra flow`," kata Kasatlantas Polres Karawang AKP Arman Sahti di Karawang.

"Contra flow" diterapkan mulai Kilometer 47 hingga Kilometer 35 untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas dari arah Cikampek ke Jakarta. Petugas lapangan mengarahkan kendaraan dari arah Jakarta ke jalur lalu lintas kendaraan arah sebaliknya di wilayah Karawang sampai Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Petugas membuka median jalan dan mengarahkan kendaraan memasuki koridor "contra flow" satu lajur yang dibatasi dengan kerucut lalu lintas.

Polres Karawang mengimbau pengendara dari arah Cikampek tidak mengandalkan jalan tol karena mereka bisa melewati jalan arteri dengan keluar di gerbang Tol Kalihurip atau gerbang Tol Karawang Timur, lalu masuk lagi jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui gerbang Tol Karawang Barat.

Pada puncak arus balik libur Paskah 2018 hari ini PT Jasa Marga memprediksi 90.000 kendaraan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama di Kabupaten Bekasi.

Angka itu naik 19,66 persen dari kondisi 75.000 kendaraan.

Baca juga: 90.000 kendaraan penuhi tol Cikampek arah Jakarta

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018