Palembang (ANTARA News) - Tuan rumah Sriwijaya FC menekuk Persib 3-1 pada laga lanjutan Gojek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu malam.

"Laskar Wong Kito" awalnya tertinggal satu gol dan kemudian membalik keadaan untuk meraih tiga poin pada laga kandang perdananya musim ini.

Sriwijaya langsung menyuguhkan permainan cepat dengan mengandalkan dua pemain sayapnya Esteban Vizcarra dan Manuchehr Jalilov sampai peluang pertama mereka tercipta pada menit ke-7, melalui Makan Konate yang melepaskan tendangan terukur dari luar kotak penalti, namun bola melebar dari tiang gawang.

Persib meladeni permainan cepat Sriwijaya dengan memanfaatkan kecepatan striker asingnya Ezechiel N`Douassel. N`Douassel pula yang membobol gawang tuan rumah pada menit 28. Setelah menerima umpan sundulan Supardi, Jonathan Bauman menggiring bola dan melepaskan umpan terukur ke sisi kiri kotak penalti. N`Douassel menuntaskan umpan ini dengan sepakan tenang yang mengecoh penjaga gawang Teja Paku Alam.

Kedudukan 1-0 untuk Persib tak berubah sampai babak pertama selesai.

Belum genap tiga menit babak kedua berlangsung, Sriwijaya menyamakan kedudukan. Menerima umpan dari Alberto Goncalves, Esteban Vizcarra mengontrol bola dan melepaskan sepakan setengah voli ke arah gawang yang tak dapat dijangkau I Made Wirawan.

Sriwijaya lalu  membalikkan kedudukan semenit kemudian setelah umpan silang Alfin Tuassalamony dituntaskan Marckho Sandy Merauje dengan sepakan keras yang mengarah ke sudut kanan atas gawang untuk membuat I Made Wirawan kebobolan kedua kalinya.

Laskar Wong Kito menambah jarak keunggulan pada menit 66 setalah umpan silang menyusur tanah Esteban Vizcarra  diteruskan Manuchekhr Jalilov ke gawang untuk mengecoh  I Made Wirawan. Skor berubah menjadi 3-1.

"Saat jeda babak pertama saya bilang pemain untuk tampil lepas dan enjoy. Bersyukur pemain bisa menerapkan skema yang saya inginkan di lapangan. Sehingga, lawan tidak banyak menekan terutama lini depan dan second line mereka tidak banyak memberikan ruang bagi akselerasi pemain depan.Artinya, kunci kemenangan kita malam ini karena pemain bisa tampil lepas dan enjoy," kata Pelatih SFC Rahmad Darmawan.

Marco Sandi mendedikasikan gol yang ia ciptakan untuk Costantina yang meninggal dunia pada usia 60 tahun. Marco sangat dekat dengan neneknya ini sejak masih kecil.

"Selasa besok saya akan ke Jayapura untuk menghadiri pemakaman nenek saya. Rabu, saya akan kembali ke Palembang," kata dia.

Sementara itu, Asisten Pelatih Persib Bandung Fernando Soler menyebut kekalahan timnya karena kurang fokus. "Karena tim ini baru jadi masih perlu banyak pembenahan khususnya kosentrasi pemain," kata dia.

Susunan Pemain
Sriwijaya FC
: Teja Paku Alam (pg), Alfin Tuassalamony, Hamka Hamzah, Mamadou N`Diaye, Marckho Sandi, Esteban Vizcarra, Adam Alis, Zulfiandi, Makan Konate, Alberto Goncalves, Manuchekhr Dzhalilov
Cadangan: Sandi Firmansyah, Faris, Novan, Yu Hyun-koo, Yogi, Patrich Wanggai.

Persib: I Made Wirawan (pg), Henhen Herdiana, Bojan Malisic, Wildansyah, Toni Sucipto, Supardi Nashir, Dedi Kusnandar, Febri Haryadi, In-kyun Oh, Jonathan Bauman, Ezechiel N`Douassel
Cadangan: M Natshir, Indra Mustafa, Sabil, Hariono, Ghozali, Airlangga Sucipto, Muchlis Hadi.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018