Jakarta (ANTARA News) - Empat tim posisi teratas dalam klasemen Liga Inggris, Manchester City, Manchester United, Liverpool, dan Tottenham Hotspur meraup tiga poin pada pertandingan pekan ke-32.

Perebutan gelar juara pun mengerucut pada Manchester City yang memimpin 16 poin atas Manchester United di posisi kedua. Sedangkan perebutan posisi Liga Champions pun mulai tertutup untuk Chelsea akibat dikalahkan Tottenham 1-3 di Stamford Bridge.

Antara News menggarisbawahi empat hal penting mengacu pada pertandingan pekan ke-32, berikut ulasannya:

City menuju juara di hadapan United

Manchester City berpeluang mengukir sejarah menjuarai Liga Inggris di hadapan rival sekota, Manchester United, pada pertandingan penentuan di Stadion Etihad pekan depan.

Jika menang, The Citizen akan membawa pulang piala Liga Inggris untuk ketiga kalinya dalam tujuh musim terakhir, dan menjadi koleksi juara liga ketujuh yang dimiliki Pep Guardiola dalam sembilan musim.

Sebelum menuju Derby Manchester, konsentrasi Pep Guardiola terbelah pada pertandingan perempatfinal Liga Champions melawan Liverpool yang tentunya juga menjadi prioritas Manchester City.

Baca: Man City berkesempatan juara "sekali seumur hidup" di hadapan MU

Motivasi Mourinho

Setelah gagal memimpin klasemen Liga Inggris dan terdepak dari Liga Champions, Jose Mourinho lebih banyak memotivasi pemain-pemainnya untuk tampil lebih baik.

Paul Pogba yang pernah dipinggirkan Mourinho dari tim utama serta ditarik keluar saat MU dikalahkan Tottenham, akhirnya menyadari bahwa segala masalah itu membuat penampilannya menjadi lebih baik.

Sedangkan Romelu Lukaku yang mencetak gol saat MU menaklukkan Swansea, Sabtu (31/3), pun ingin meningkatkan torehan golnya dan termotivasi memenangkan piala. Mourinho juga memberikan motivasi dan ruang yang lebih bagi pemain muda, salah satunya aadalah Scott McTominay.

Baca: Pogba lebih kuat setelah didera masalah "tim utama"

Ketergantungan Liverpool pada Salah

Liverpool memetik kemenangan 2-1 atas Crystal Palace berkat gol penentu yang dicetak Mohamed Salah pada enam menit sebelum laga berakhir.

Sejak didatangkan dari Roma, Salah menjadi bintang paling bersinar di Liga Inggris pada musim pertamanya. Pria Mesir itu telah mencetak 29 gol di Liga Inggris dari 37 gol untuk Liverpool di seluruh kompetisi.

Bekas sayap Chelsea ini juga memecahkan berbagai rekor dalam musim pertamanya bersama Liverpool dan berpeluang menjadi pencetak gol terbanyak di Inggris dan Eropa pada musim ini.

Baca: Mohamed Salah, si pemecah rekor

Chelsea susah tembus  Liga Champions

Pelatih Chelsea, Antonio Conte, mengakui timnya membuang kesempatan untuk memangkas jarak dengan Tottenham Hotspur yang menempati posisi empat atau zona Liga Champions.

Chelsea yang berstatus juara bertahan kini berada di posisi lima, terpaut delapan angka dari Spurs dengan enam pertandingan Liga Inggris yang masih tersisa.

Kemenangan Spurs di markas The Blues juga bisa dimaknai sebagai sebuah pernyataan bahwa tim asuhan Mauricio Pochettino itu merupakan tim London terkuat pada musim ini karena menempati posisi di atas Chelsea dan Arsenal.

Baca: Komentar Conte soal tipisnya peluang Chelsea menembus Liga Champions

Berikut hasil pertandingan pekan ke-32 dilansir Premier League:

Crystal Palace 1 - 2 Liverpool
Brighton & Hove Albion 0 - 2 Leicester City
Manchester United 2 - 0 Swansea City
Newcastle United 1 - 0 Huddersfield Town

Watford 2 - 2 AFC Bournemouth
West Brom 1 - 2 Burnley
West Ham United 3 - 0 Southampton
Everton 1 - 3 Manchester City

Arsenal 3 - 0 Stoke City
Chelsea 1 - 3 Tottenham Hotspur

Klasemen sementara:
 
Posisi tim Poin
1    Man City
2    Man Utd
3    Liverpool
4    Spurs
5    Chelsea
6    Arsenal
7    Burnley
8    Leicester
9    Everton
10    Bournemouth
11    Watford
12    Newcastle
13    Brighton
14    West Ham
15    Swansea
16    Huddersfield
17    Crystal Palace
18    Southampton
19    Stoke
20    West Brom
84
68
66
64
56
51
46
43
40
37
37
35
34
33
31
31
30
28
27
20

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018