Lampung Timur (ANTARA News) - AKBP Taufan Dirgantoro resmi memimpin Kepolisian Resor Lampung Timur menggantikan AKBP Yudy Chandra Erlianto yang berpindah tugas menjadi Wakapolresta Bandarlampung.

Serah terima pimpinan Kapolres ini dilangsungkan dengan prosesi pisah sambut di Mapolres Lampung Timur, Senin (2/4).

Pergantian Kapolres Lampung Timur ini sesuai surat telegram Kapolri Jenderal Tito Karnavian Nomor: ST/791/III/KEP/2018 tertanggal 20 Maret 2018.

AKBP Taufan Dirgantoro sebelumnya adalah Kasubagmutbata Bagmutjab Robinkar SSDM Polri.

Sedangkan AKBP Yudy Chandra Erlianto selanjutnya akan menjabat sebagai Wakapolresta Bandarlampung menggantikan AKBP Purwanto Puji Sutan.

Kepada wartawan AKBP Taufan Dirgantoro mengatakan baru pertama kali berdinas di Provinsi Lampung, dan bertugas di daerah ini adalah suatu hal yang luar biasa.

Ia mengatakan prioritas kerjanya sebagai Kapolres Lampung Timur yang baru adalah menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang sudah dilaksanakan secara baik oleh kapolres sebelumnya.

"Kami akan teruskan program-program pak Kapolres sebelumnya, nanti kita `update` program-programnya," katanya pula.

Ia menyatakan mewujudkan situasi kamtibmas yang aman bukan tugas polisi semata, karena itu Taufan mengajak semua pihak menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Lampung Timur.

AKBP Yudy Chandra Erlianto mengatakan selama memimpin Polres Lampung Timur lebih kurang 10 bulan, angka tindak kejahatan di daerahnya menurun drastis.

"Catatan akhir tahun dan awal tahun kemarin angka kejahatan di Lampung Timur turun drastis, angka pengungkapan kasus kita tinggi, kita salah satu dari empat polres yang angka kejahatannya paling rendah dan kita juga satu polres yang ungkap kasusnya tertinggi," ujarnya lagi.

Yudy berharap kapolres yang baru dapat meneruskan dan meningkatkan kondusivitas kamtibmas yang telah tercipta.

"Saya yakin dan percaya kapolres yang baru ini bisa mewujudkannya," kata AKBP Yudy.

Baca juga: Sidak, Plt Bupati Lampung Timur kecewa pejabat tak disiplin

Pewarta: Edy Supriyadi
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018