Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Idham Azis memberikan penghargaan kepada tiga satpam yang membantu mengungkap jaringan "skimmer" atau pembobol rekening melalui pencurian data nasabah bank.

"Totalitas para satpam saat menjalankan tugas menjadi contoh bagi satpam lain yang peduli terhadap lingkungannya," kata Idham di Jakarta Rabu.

Idham menyampaikan terima kasih kepada satpam yang berperan aktif membantu mengamankan pelaku pembobobal dana nasabah rekening yang meresahkan masyarakat.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono menyebutkan ketiga satpam itu, yakni Muhammad Didik Suprayitno dari Bank Mandiri, Adityo Rahmadi Saputra dari Maybank, dan Waluyo Supriatna dari gerai ATM KFC.

Argo menuturkan ketiga satpam itu telah membantu petugas kepolisian menangkap dan mengungkap tiga kelompok skimming yang melibatkan warga negara asing dan warga negara Indonesia.

Sebelumnya, anggota Polda Metro Jaya meringkus sindikat pembobol saldo rekening nasabah bank terdiri atas lima warga asing asal Bulgaria, Rumania dan Hungaria, serta seorang WNI.

Para pelaku itu yakni IRL, LNM, ASC asal Rumania, FH (Hungaria), BKV (Bulgaria), dan MK (WNI) yang ditangkap petugas pada lokasi berbeda.

Kemudian, polisi mengambangkan penangkapan terhadap empat warga negara asing sebagai pelaku skimming lainnya yakni AVH, IVN asal Bulgaria, VO (Chile) dan YMH (Taiwan).

Sindikat internasional itu mencuri sekitar 3.000 data nasabah dari 64 bank domestik dan luar negeri di Indonesia.

Baca juga: Bertransaksi di ATM pusat perbelanjaan lebih aman?

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018