Jakarta (ANTARA News) - Perum Damri sedang menjajaki peluang ekspansi usaha ke Timor Leste dan mengoperasikan layanan angkutan umum di negara itu.

"Penjajakannya sedang berlangsung, diharapkan pada tahun 2018 ini Damri sudah beroperasi di Timor Leste," kata Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Perum Damri Tatan Rustandi di Terminal Damri Kemayoran, Jakarta, Rabu.

"Prosesnya masih cukup panjang. Minggu depan kami akan melakukan Rapat Trilateral antara Indonesia, Timor Leste dan Australia yang dipimpin oleh Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan," ia menambahkan.

Ia menjelaskan bahwa proses perizinan, penetapan rute-rute yang akan dilayani, termasuk rute bandara, dan serta investasi untuk ekspansi akan akan disiapkan.

Nantinya, pada tahap awal akan ada 30 bus yang dioperasikan untuk melayani rute dari perbatasan Atambua di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, menuju Kota Dili di Timor Leste.

"Kami masih terus mematangkan rencana ekspansi," ujarnya.

Perusahaan angkutan umum milik negara itu saat ini beroperasi di 60 wilayah kantor cabang seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merakue. Dengan total armada sekitar 2.200 unit, Damri melayani rute perintis (40 persen) dan rute komersial (60 persen).

 

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018