Indonesia Week kedua digelar di tengara bersejarah di Nagoya

Indonesia Week kedua digelar di tengara bersejarah di Nagoya

Ilustrasi-Kerjasama Indonesia-Jepang. (ANTARANews/Ferly)

Jakarta (ANTARA News) - Komunitas Be Indonesia akan menggelar festival kolaborasi Indonesia Week pada 28-30 April 2018 di Nagoya, Jepang, bertepatan dengan Peringatan 60 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Jepang.

Festival yang digelar untuk kali kedua, setelah pertama kali berlangsung di Osaka pada 2016 silam, itu akan dilangsungkan di area Mochinoka Hiroba (Central Park), tepat di bawah tengara bersejarah Nagoya TV Tower, yang merupakan pemancar televisi pertama dan tertua di Jepang.

"Nagoya dipilih karena lokasinya strategis di antara Osaka dan Tokyo," kata Windu Wijaya selaku Direktur Be Indonesia sekaligus Ketua Penyelenggara 2nd Indonesia Week 2018 dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Selain itu, secara demografis jumlah warga negara Indonesia yang berdiam di Jepang, paling banyak berdomisili di Nagoya.

Indonesia Week kedua ditargetkan bisa menarik jumlah pengunjung 20-25 ribu orang, yang 7.000 orang di antaranya diharapkan warga lokal Jepang.

"Target kita lebih menyasar anak muda dan keluarga Jepang, karena bertepatan dengan long weekend tanggal 28 April sampai 6 Mei," kata Windu.

Baca juga: Haruka Nakagawa jadi duta persahabatan Indonesia-Jepang

Baca juga: Haruka eks-JKT48 ajak anak muda Indonesia-Jepang bersahabat

Baca juga: Melody JKT48 jadi Duta Pertanian dan Pangan ASEAN - Jepang


Dewan Pembina Be Indonesia, Toto Pranoto, mengungkapkan Indonesia Week kedua digelar sebagai tujuan untuk mewadahi hubungan bilateral Indonesia-Jepang bukan hanya di tataran antarpemerintah atau G to G tetapi juga antarmasyarakat atau people to people.

Menurut dia, perayaan 60 Tahun Hubungan Indonesia-Jepang dimaknai bukan hanya sekadar hubungan dari sisi ekonomi, namun juga kultur dan sosial masyarakat antarbangsa.

Festival Indonesia Week akan diisi berbagai kegiatan, seperti Intimate Concert oleh para musisi Indonesia, bazara kuliner, demo memasak, lokakarya membatik dan pamerannya, parade komunitas, talkshow, dan Travel Fair serta layanan publik dari Kedutaan Besar Republik Indonesia.

Sejumlah kolaborator yang berasal dari Indonesia dan Jepang akan dihadirkan dalam kegiatan Indonesia Week 2018. Kolaborator Indonesia akan menampilkan Indonesia Rock Star Empire, Fashion Show oleh Doni Rahman dan Tari Tradisional dari Cianjur dan Sumatra Barat.

Sementara itu dari Jepang, akan menampilkan Sleaze Party, Matsumoto Machiko, Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate dan Tari Bali Masami San.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Presiden bagikan 10.000 sertifikat untuk tenaga konstruksi

Komentar