Produk Amerika yang dirugikan dan diuntungkan perang dagang

Produk Amerika yang dirugikan dan diuntungkan perang dagang

Kedelai impor Amerika (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - China kemarin memukul balik langkah Presiden Amerika Serikat mengenakan tarif kepada 50 miliar dolar AS produk-produk China dengan menerapkan bea masuk tambahan 25 persen kepada 106 produk impor Amerika termasuk kedelai, otomotif, kimia dan pesawat terbang.

Perang dagang antara kedua raksasa ekonomi dunia itu telah menekan pasar saham di mana harga saham perusahaan-perusahaan industri yang memiliki pasar besar di China seperti Boeing Co dan Deere & Co menjadi yang paling terpukul.

Berikut adalah perusahaan-perusahaan dan sektor-sektor bisnis AS yang dimenangkan dan dirugikan oleh perang dagang itu seperti ditulis Reuters.

PERUSAHAAN OTOMOTIF
    * Produsen otomotif Amerika General Motors Co mendesak kedua negara untuk menggelar diaolog perdagangan yang konstruktif. Harga saham perusahaan ini ambles 3 persen sebelum terkoreksi lagi ke posisi lebih tinggi.
    * Harga saham pesaing GM, Ford Motor Co, ambrol 3 persen sedangkan produsen mobil listrik Tesla Inc yang menggantungkan 17 persen pendapatannya dari China anjlok 2,5 persen.  Harga saham Fiat Chrysler juga sempat jatuh 3,4 persen.
    * Ford meminta AS dan China bekerja sama dalam mengatasi masalah di antara mereka.

BOEING
    * Harga perusahaan produsen pesawat terbang Boeing Co terpangkas 2,5 persen, setelah perang tarif China vs AS akan berdampak kepada model-model lama Boeing.
    * Harga saham 3M Co juga tertekan 2,4 persen.

Baca juga: China ancam akan terus balas Amerika dengan skala sama

PERUSAHAAN IT
    * Indeks saham sektor teknologi dalam S&P 500 yang punya eksposur besar di China, tertekan 0,5 persen.
    * Anggota sektor IT yang paling tertekan adalah saham Intel Corp, Nvidia Corp dan Broadcom Ltd.
Posisi China sebagai hub perangkat elektronik telah membuat negara ini menjadi konsumen semikonduktor terbesar di dunia.

KEDELAI DAN WISKI
    * Harga saham perusahaan pembuat wiski Jack Daniel, Brown-Forman Corp, sempat terpapas 1 persen.
    * Sebaliknya, harga saham perusahaan Amerika pemroses daging, Tyson Foods Inc, eksportir daging Hormel Foods Corp dan Sanderson Farms Inc terangkat karena harga kedelai diperkirakan turun karena China mengenakan bea impor tinggi kepada kedelai Amerika.
    * DowDuPont Inc mengingatkan bahwa unit pertaniannya bisa terdampak perang dagang dengan menunjukan turunnya harga kedelaai dan dampak negatifnya kepada petani AS.
    * Archer Daniels Midland Co dan Bunge Ltd, yang memperdagangkan kedelai AS di China, turun 1,5 persen.
    * Perusahaan pembuat alat-alat pertanian Deere terpangkas hampir 10 dolar per saham. Perusahaan ini mendesak kedua negara untuk bekerja ke arah resolusi demi "membatasi ketidakmenentuan petani dan menghindari goncangan tergadap perdagangan pertanian."

Baca juga: AS rilis daftar produk China objek tarif 25 persen

Pewarta: SISTEM
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Ma'ruf Amin: Indonesia dukung upaya damai AS dan China

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar