Jakarta (ANTARA News) - Bagi aktris Emily Blunt, akting telah mengarahkannya pada pekerjaan yang dia sukai dan mempertemukannya dengan aktor John Krasinski yang sudah dinikahinya selama tujuh tahun. Namun, saat belia akting juga membantunya mengatasi gagap yang masih dimilikinya hingga kini.

Blunt mengatakan saat masih kecil dia sering bicara "dalam suara-suara lucu karena saya bisa bicara lebih lancar jika saya tidak terdengar seperti saya biasanya." Pada usia 12 tahun, seorang guru mendengarnya meniru orang lain dan menyarankan agar Blunt mencoba ikut pertunjukan di kelas.

"Dia bilang, 'Kupikir kamu lucu, dan kamu harus melakukannya. Dan pernahkah kamu berpikir melakukannya dengan suara berbeda?'" katanya kepada Jess Cagle dari People.

Aktris kelahiran London yang berakting bersama suaminya di film horor "A Quiet Place" itu mengatakan keterlibatannya di pertunjukan sekolah membuatnya mencintai teater.

Baca juga: Dalam cekaman "A Quiet Place"

Meski akting membantunya mengatasi gagap, itu tidak benar-benar hilang.

"Gagap kadang muncul bila saya sedang lelah, atau saat saya sedang hamil," ujar ibu dari Hazel (4) dan Violet (21 bulan) itu.

"Ini keturunan keluarga. Saya punya om, sepupu dan kakek yang gagap. Ini tidak ada hubungannya dengan rasa cemas."

Kini Blunt bekerja dengan organisasi American Institute of Stuttering untuk membantu orang gagap lainnya.

"Mereka fantastis dan punya cara revolusioner untuk mengobati orang dan memberikan kepercayaan diri karena itulah masalah sebenarnya bagi banyak orang," kata dia.

"Bukan cuma anak-anak yang mengalaminya. Ada orang dewasa usia 40-an dan 50-an yang tidak bisa mendapat kerja yang sepantasnya karena mereka dianggap sepele akibat cara bicaranya. Ini bukan tentang kecemasan atau gugup," ujarnya, menambahkan genetik adalah salah satu sebabnya.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018