Jakarta (ANTARA News) - Mantan kepala bagian divisi  Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, John Giannandrea, bergabung dengan Apple dalam upaya untuk meningkatkan asisten digital Apple, Siri.

Giannandrea, pakar machine learning yang bergabung dengan Google pada tahun 2010, kini menduduki posisi sebagai Senior Vice President yang bertanggung jawab langsung kepada CEO Apple, Tim Cook.

Baca juga: Apple pekerjakan mantan Kepala Kecerdasan Buatan Google

Dilansir dari laman dailymail, John Giannandrea lahir di Skotlandia dan menempuh pendidikan di Universitas Strathclyde.

Pada 1990-an dia bekerja di General Magic, salah satu perusahaan perintis perangkat genggam.

Giannandrea bahkan bekerja dalam bidang asisten pribadi yang mirip dengan Siri saat ini.

Pria berusia 53 tahun itu selanjutnya bergabung dengan Netscape, dan kemudian mendirikan perusahaan voice-recognition TellMe.

Pada 2005, dia menciptakan Metaweb, perangkat lunak yang membuat katalog tautan antara kata-kata dan objek yang dibeli Google pada tahun 2010.

Saat di Google, Giannandrea telah membantu memperkenalkan dan mengembangkan pengenalan gambar untuk Google Foto dan smart replay untuk Google Inbox.

Dia juga sosok terkemuka dalam skema mobil self-driving milik Alphabet (induk perusahaan Google) menggunakan pembelajaran mesin untuk menavigasi jalan dan rintangan.

Dia menjabat sebagai senior vice president for search, machine intelligence and the web di Google hingga Maret 2018.

Giannandrea bergabung dengan Apple untuk membuat Siri lebih pintar, karena perangkat lunak perintis itu terus tertinggal di belakang pendatang baru yang menjadi saingannya, seperti Google Assistant milik Google dan Alexa milik Amazon.
 

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018