Solo (ANTARA News) - Tim putri Jakarta Pertamina Energi mempunyai peluang besar lolos ke babak grand final pada pertandingan bola voli final four putaran kedua di GOR Sritex Arena, Solo, pada tanggal 6 hingga 8 April mendatang.

Persaingan memperebutkan peluang ke grand final Proliga 2018, semakin ketat, dan penentuan baik dua tim putri maupun putra yang melangkah ke partai puncak akan ditentukan dalam "laga panas" final four putaran kedua di GOR Sritex Arena, Solo, kata Direktur Proliga. Hanny S. Surkatty, disela jumpa pers di Solo, Kamis.

Namun, ada tim yang berpeluang besar lolos dan ada juga tim yang berpeluang tipis lolos ke partai puncak, yang dijadwalkan berlangsung di Yogyakarta, pada 15 April mendatang.

Hanny S. Surkatty mengatakan empat tim putri yang berlaga di final four putaran kedua di GOR Sritex Arena, Solo, Jakarta Pertamina Energi, Bandung Bank BJB Pakuan, Jakarta Elektrik PLN dan Jakarta PGN Popsivo Polwan. Putranya Palembang Bank Sumselbabel, Jakarta Pertamina Energi, Surabaya Bhayangkara Samator, dan Jakarta BI Taplus.

Tim putri yang berpeluang besar tampil di babak final yakni Jakarta Pertamina Energi, sedangkan bagian putra Palembang Bank SumselBabel. Kedua tim itu sangat berpeluang karena keduanya belum terkalahkan dari tiga laga final four putaran pertama di GOR Ken Arok Malang, pada pekan lalu.

Menurut dia, laga di Solo akan berjalan ketat karena semua tim yang masuk final four putaran kedua akan berusaha memenangi seti pertandingan agar lolos je grand final. Laga Solo juga akan menentukan peringkat ketiga dan ekeempat. Juara ketiga dan keempat akan ditemntukan di Solo, sekaligus emnyerahan hadiahnya.

Manager Tim Jakarta Pertamina Energi Sutrisno mengatakan semua tim masih mempunyai peluang lolos ke grand final di Yogyakarta, timnya berharap mampu memenangkan setiap pertandingan di Solo sehingga maju ke grand final Proliga tahun ini.

"Kami do Solo hanay butuh satu kali kemenangan saja bisa lolos je grand final Proliga," katanya.

Asisten Pelatih Tim Jakarta Elektrik PLN Abdul Munib mengatakan timnya masih mempunyai kesempatan bisa maju ke grand final, dan di Solo harus dapat mengambil poin penuh,

Alit SA asisten pelatih Tim Jakarta PGN Popsivo Polwan mengatakan semua tim yang masuk final four putaran kedua di Solo merupkan tim-tim yang bagus, meski timnya posisi saat ini, keempat atau paling bawah. Namun, Popsivo akan berusaha bermain bagus di Solo untuk mendapatkan poin

Asisten pelatih Bandung Bank BJB Pakuan Alex Bonapea mengatakan timnya pada laga di Malang sebelum ada tiga pemainnya yang cedera termasuk andalannya Aprilia Manganan yang sangat berpengaruh terhadap timnya.

"Namun, Aprilia mudah-mudahan sudah dapat tampil di Solo dan sembuh dari cederanya untuk menambah daya serang timnya," kata Alex.

Pada sektor putra Tim Palembang Bank SumselBabel yang hanya butuh satu kemenangan untuk menempati timnya tampil di grand final tetap akan berusaha tampil sempurna dengan memenangi tiga laga di Solo.

Asistern Pelatih Palembang Bank SumselBabel Samadji mengatakan tugas timnya di Solo hanya butuh satu kemenangan. SumselBabel tetap ingin tampil sempurna dengan tiga kemenangan minimal.

Tim lainnya yang juga memiliki peluang adalah Jakarta Pertamina Energi dan Surabaya Bhayangkara Samator. Pertamina menempati peringkat kedua klasemen sementara. Sedangkan Samator di posisi ketiga. Di bawahnya lagi ada Jakarta BNI Taplus. Namun, posisi tim asuhan pelatih asal China Li Qiujiang iitu berada di peringkat akhir klasemen sementara. Dari tiga laga di Malang, BNI tak pernah menang.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018