Jakarta (ANTARA News) - Pebasket Kyrie Irving dipastikan akan absen baik di sisa musim reguler maupun rangkaian playoff NBA musim ini, demikian pengumuman resmi Boston Celtics, Kamis (5/4) malam.

Lewat laman resminya, Celtics menyebutkan Irving pada Sabtu (7/4) akan menjalani prosedur pelepasan dua buah pen yang ditanamkan di dalam lutut kirinya sebagai penanganan cedera keretakan tempurung lutut yang dialaminya dalam rangkaian Final NBA 2015 silam.

Sebelumnya, Irving juga sudah melepaskan kawat yang juga sempat ditanamkan untuk penanganan cedera tersebut pada pertengahan Maret lalu, lantaran ada diagnosa infeksi bakteri di lokasi pen dan kawat tersebut.

Oleh karena itu, untuk memastikan tak ada infeksi lebih lanjut, pen akan dicabut, meski Celtics memastikan bahwa cedera tempurung lutut kiri Irving sudah sepenuhnya pulih, demikian juga lututnya secara keseluruhan.

Pun demikian, Celtics memperkirakan Irving bakal membutuhkan waktu sekira 4-5 bulan untuk masa pemulihan selepas menjalani prosedur pelepasan pen tersebut.


Pukulan telak

Sejak pindah dari Cleveland Cavaliers dan berlabuh di Celtics lewat skema pertukaran di musim panas lalu, Irving sukses melepaskan diri dari label sebagai "pemain kedua" di bawah bayang-bayang megabintang bola basket LeBron James.

Irving yang menjelma menjadi tulang punggung utama Celtics, sukses membawa tim barunya itu memimpin klasemen Wilayah Timur hingga awal Februari 2018.

Ironisnya, kepemimpinan Celtics di Wilayah Timur berakhir tepat ketika mereka ditaklukkan Cavaliers 99-121 pada 12 Februari 2018, dan Toronto Raptors berhasil mengambil alih puncak klasemen hingga saat ini.

Hingga pengumuman resmi bahwa ia akan menghabiskan sisa musim ini dari ruang pemulihan kebugaran, Irving telah absen dalam 11 laga beruntun guna penanganan pengangkatan kawat tersebut.

Bagi Celtics, absennya Irving hingga akhir musim tentu menjadi pukulan telak sebab ia menyusul satu bintang lain yang direkrut pada musim panas lalu, Gordon Hayward, yang menderita cedera serius persis saat ia baru melantai lima menit lamanya mengenakan seragam Celtics di laga pembuka musim reguler.

Baca juga: Badai cedera terpa NBA lagi, giliran Curry dan Irving dipaksa menepi

Baca juga: LeBron James pimpin Cavaliers hentikan Raptors 112-106

Baca juga: NBA skors Noel dan Sefolosha karena gunakan narkoba

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018