Palembang (ANTARA News) Indonesia Asian Games Organizing Committee atau INASGOC melaksanakan pelatihan serentak bidang kepanitiaan Asian Games supaya pada pesta olahraga internasional mendatang tidak ada hambatan.

Kepala Bidang Pendidikan dan Penataran KONI Sumsel Lidayanto di Palembang, Jumat mengatakan, cabang olahraga yang dipertandingkan di Palembang semuanya melaksanakan pelatihan kepanitiaan.

Kepanitiaan Cabang olahraga yang melaksanakan pelatihan antara lain tenis lapangan, voli pantai dan lainnya atau yang dipertandingkan di Palembang, ujar dia.

Menurut dia, pelatihan dilaksanakan tersebar dengan narasumber dari INASGOC dan pengurus besar cabang olahraga yang telah berpengalaman mengikuti pertandingan internasional.

Dia mengatakan, begitu juga yang dipertandingkan di Jakarta melaksanakan pelatihan supaya mereka memahami dalam pelaksanaan pesta olahraga internasional mendatang.

Pelatihan dalam kepanitiaan itu cukup penting mengingat pesta olahraga yang diikuti 45 negara mendatang sumber daya manusianya harus yang memenuhi syarat, ujar dia.

Apalagi aturan dalam pesta olahraga akbar mendatang cukup ketat sehingga petugasnya harus lebih siap, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, yang jelas Asian Games harus sukses yang salah satunya kepanitiaan memenuhi syarat.

Oleh karena itu INASGOC bersama KONI dan cabang olahraga melaksanakan pelatihan bersama, ujar mantan anggota DPRD Sumsel itu.

Sementara Wasit Internasional Tenis Lapangan Yayan Rubaini mengatakan, kepanitiaan Asian Games harus melalui penyeleksian secara ketat karena pesta olahraga internasional tersebut untuk menuju Olympiade.

Apalagi Asian Games akan membawa nama baik bangsa sehingga kepanitiaan harus siap, tambah dia.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018