Jakarta (ANTARA News) - Gaung pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, 18 Agustus - 2 September terus dipromosikan dan target berikutnya adalah negara di kaki pegunungan Himalaya tepatnya di Bhutan.

Panitia penyelenggara Asian Games 2018 atau INASGOC dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Jumat menegaskan jika promosi dalam bentuk OCA Fun Run di Bhutan, Sabtu (7/4) merupakan yang ke-11.

"Pelaksanaan OCA Fun Run ini bersamaan dengan Olympic Day. Akan ada 1.000 anak-anak yang bergabung di kegiatan ini. Ajang ini akan berlangsung meriah," kata Sekretaris Jenderal Bhutan Olympic Committee (BOC), Sonam Tshering didalam konferensi pers di Thimphu, Bhutan.

Dalam kesempatan yang sama, Manajer Media OCA Jeans Jian Zhou juga mendukung penuh promosi Asian Games 2018 di Bhutan. Pihaknya optimistis acara yang digaungkan bakal bisa diterima oleh masyarakat setempat.

"Kami sangat yakin acara besok akan meriah dan penuh warna. Sebagai perwakilan OCA, saya mengucapkan terima kasih kepada BOC yang mau menerima undangan kami untuk menggelar fun run," kata Zhou.

Sesuai dengan rencana, OCA Fun Run ini akan melibatkan beberapa atlet nasional Bhutan. Fun Run sendiri merupakan salah satu program unggulan federasi olahaga Asia itu sejak 2006.

OCA Fun Run yang salah satu tujuannya untuk mempromosikan Asian Games 2018 akan terus menyinggah beberapa negara Asia. Setelah Bhutan, kegiatan tersebut akan bergerak ke negara yang berada di kaki pegunungan Himalaya lainnya yaitu Nepal.

Sebelumnya, OCA Fun Run Series telah digelar beberapa negara, antara lain di Pakistan, Uni Emirat Arab, Vietnam, dan Malaysia.

Rencananya, OCA fun run akan menyapa 30 negara di Asia untuk semakin menggaungkan Asian Games 2018. Negara-negara di Asia Tengah menjadi tujuan berikutnya, antara lain Kazakstan dan Tajikistan.

Pelaksanaan OCA Fun Run ini juga sesuai dengan yang disampaikan oleh Wissam Trkmani yang merupakan perwakilan Presiden OCA Sheikh Ahmed Al-Fahad Al-Ahmed Al-Sabah.?

Program ini untuk Asian Games dan Asian Games bukan hanya soal meraih medali, tapi soal persahabatan," kata Trkmani mewakili Sheikh Ahmed.

Sementara itu perwakilan INASGOC di OCA Fun Run Bhutan, Ratna Irsana mengatakan jika promosi Asian Games 2018 oleh OCA berjalan bersama dengan persiapan Indonesia menjadi tuan rumah yang saat ini sudah mendekati tahap akhir.

"Indonesia kedua kalinya menggelar Asian Games dan persiapan kami sudah di tahap final," kata Vice Director Media PR and Relation INASGOC, Ratna Irsana.

Baca juga: DKI siap melancarkan Asian Games

Baca juga: INASGOC laksanakan pelatihan serentak panitia Asian Games

Baca juga: Pembukaan Asian Games 2018 tanpa lokasi parkir umum

Baca juga: INASGOC belajar pengamanan Asian Games 2018 di Australia

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018