Jakarta (ANTARA News) - Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September akan memengaruhi pariwisata dan perdagangan selain kesuksesan peningkatan ekonomi kerakyatan di sekitar arena pertandingan dan wisma atlet.

"Indikator dampak ekonomi Asian Games dapat dilihat dari kehadiran stan-stan usaha kecil dan menengah di sekitar kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, ataupun Jakabaring Palembang," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Jumat.

Gatot menjelaskan Indonesia berpeluang mendapatkan kunjungan wisata sebagai dampak Asian Games lebih banyak dibanding Asian Games Incheon 2014 menyusul biaya hidup di Indonesia lebih terjangkau dibanding Korea Selatan.

"Keluarga atlet dan ofisial peserta Asian Games tentunya tidak hanya belanja di sekitar GBK atau Jakabaring saja, tetapi juga di tempat-tempat lain," kata Gatot.

Peluang untuk meningkatkan dampak ekonomi Asian Games, lanjut Gatot, juga muncul dengan kehadiran para jurnalis dari 44 negara Asia selain jurnalis Tanah Air.

"Para jurnalis itu tentu beraktivitas juga di luar arena pertandingan Asian Games. Mereka juga akan menyebarluaskan informasi tentang Indonesia ke negara masing-masing," kata Gatot.

Namun, Gatot mengaku belum ada lembaga khusus di Indonesia yang mencatat dampak ekonomi penyelenggaraan Asian Games 2018 baik dari sektor pariwisata, usaha kecil dan menengah, maupun industri manufaktur.

"Dampak ekonomi Asian Games baru dapat dihitung beberapa hari setelah upacara penutupan pada 2 September. Memang lebih baik jika ada lembaga khusus yang memantau ataupun memprediksi transaksi perdagangan saat Asian Games nanti," katanya.

Gatot menambahkan kementerian-kementerian bidang ekonomi seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Perdagangan juga terlibat untuk menyukseskan Asian Games sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2016.

"Kami seringkali berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik untuk mengetahui dampak penyelenggaraan kejuaraan olahraga terhadap perekonomian masyarakat," ujar Gatot.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018