Manama (ANTARA News) - Pebalap Australia Daniel Ricciardo membawa Red Bull memuncaki daftar catatan waktu pada akhir sesi latihan pembukaan untuk Grand Prix Formula 1 (GP F1) Bahrain, Jumat (6/4).

Pebalap berusia 28 tahun itu mencatatkan waktu memutari sirkuit Sahir sepanjang 5,4 kilometer dengan catatan waktu satu menit 31,060 detik, yang membuatnya unggul 0,304 detik dari pengisi tempat pertama (pole position) tahun lalu yang membela Mercedes, Valtteri Bottas.

Kimi Raikkonen yang memperkuat Ferrari berada di urutan ketiga dengan lebih lambat 0,398 detik dari Ricciardo.

Sementara itu, dua kandidat peraih gelar dan juara empat kali Sebastian Vettel (Tim Ferrari) dan Lewis Hamilton (Tim Mercedes) hanya menduduki urutan keempat dan kelima.

Vettel memaksimalkan kesempatan untuk meraih kemenangan dari Hamilton pada balapan pembukaan musim di Australia dua pekan silam, untuk menduduki peringkat teratas kejuaraan.

Pebalap Britania itu menuju balapan akhir pekan ini untuk meraih kemenangan dan pada prosesnya menyamai rekor Raikkonen yakni finis 27 kali secara beruntun untuk mendapatkan poin.

Bagaimanapun, catatan waktunya pada Jumat sore bukan contoh kecepatan sebenarnya, ketika Hamilton terkunci di Mercedesnya pada lap tercepatnya sebelum kemudian melaporkan bahwa ban-bannya telah "mati."

Haas kembali menjadi yang terbaik dari sisanya, di mana pebalap Prancis Romain Grosjean menduduki catatan waktu tercepat peringkat keenam.

Pierre Gasly menduduki urutan tercepat ketujuh pada mobil Toro Rossonya yang disokong mesin Honda, unggul atas pebalap Renault Carlos Sainz dan mobil Haas kedua yang diawaki Kevin Magnussen.

Nico Hulkenberg menutup posisi sepuluh teratas untuk Renault.

Pebalap Belanda Max Verstappen merupakan salah satu mobil Red Bull yang berada di urutan buncit dan ia gagal mengukir catatan waktu.

Pebalap 20 tahun itu menghentikan lajunya karena masalah elektrikal hanya beberapa menit menuju sesi, sebelum keluar dan mendorong mobilnya kembali ke pit.

Pewarta: -
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018