Karawang (ANTARA News) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, belum menerima laporan masyarakat terkait dengan hebohnya temuan cacing di produk makarel kaleng.

"Informasi tentang adanya cacing di produk makarel kaleng itu memang heboh di berbagai daerah. Tapi di Karawang belum ditemukan," kata Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat Rakhmat Gunadi, saat dihubungi di Karawang, Minggu.

Ia mengatakan hingga kini pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat terkait dengan adanya cacing di produk makarel kaleng.

"Sampai sekarang belum ada laporan. Jika memang ada laporan, tentu kami akan turun langsung untuk melakukan tindakan," kata dia.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Karawang tidak bisa bergerak atau melakukan tindakan sendiri tanpa adanya laporan dari masyarakat.

Karena itu diharapkan masyarakat bisa lebih kritis dengan melaporkan adanya cacing di produk makarel kaleng, jika memang menemukannya di pasaran.

"Laporan masyarakat itu tentunya menjadi satu dasar bagi kita untuk melakukan sidak atau melakukan tindakan," kata Gunadi.

Meski begitu, ia mengaku saat ini pihaknya sedang menunggu Tim Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk melakukan inspeksi mendadak di pasaran, terkait dengan hebohnya temuan cacing di produk makarel kaleng.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018