Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan (ANTARA News) - Pihak Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, menyediakan sarapan gratis berupa nasi kuning bagi peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Jumlah peserta UNBK di SMAN 3 Kandangan sebanyak 91 orang," kata Kepala SMAN 3 Kandandangan, Hj Jauhartati, di Kandangan Senin.

Dikatakan, salah satu tujuan dari pemberian sarapan gratis berupa nasi kuning tersebut adalah memastikan kesiapan fisik peserta untuk mengikuti ujian.

Sarapan gratis ini disediakan pihak sekolah dua sesi, sesi pertama atau sarapan pagi berupa nasi kuning, dan sesi kedua kembali dihidangkan pundut.

"Pemberian sarapan gratis ini akan diberikan hingga hari keempat UNBK," jelasnya.

Pihak sekolah pada hari kedua UNBK, Selasa (10/4) akan kembali menyediakan bubur ayam, dan lapat.

Jenis makanan ringan untuk mengganjal perut, agar peserta jangan ada yang tidak sarapan menghadapi ujian, dengan pertimbangan lain peserta yang bertempat tinggal jauh dari sekolah.

Pelaksanaan UNBK di SMAN 3 Kandangan terdiri dari dua lokal, satu lokal berisi 20 peserta dan lainnya 26 peserta dengan perangkat komputer milik sekolah sebanyak 46 buah, dengan tambahan cadangan dua buah.

Baca juga: Aceh targetkan hasil UNBK peringkat 17 besar nasional

Baca juga: Ponsel tidak boleh dibawa ke kelas UN

Baca juga: Irjen Kemdikbud tinjau pelaksanaan UN SMA di Jakarta

Baca juga: 1,9 juta murid SMA/MA ikuti Ujian Nasional hari ini


Pada hari pertama UNBK, para peserta yang mayoritas bertempat tinggal di Kecamatan Loksado ini mengerjakan soal dengan materi Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan hari terakhir materi ujian pilihan.

"Pihak sekolah juga telah melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan, bila ada peserta yang sakit dapat tertangani segera, begitupun peserta UN yang terlambat datang, pihak sekolah berinisiatif menjemput ke kediaman peserta yang bersangkutan," paparnya.

Tidak ditemui kendala yang berarti, proses UNBK berjalan lancar walaupun sempat terjadi kemacetan karena peserta di salah satu lokal tidak bisa masuk ke server namun kendala ini dapat teratasi segera dan peserta UNBK yang tidak bisa masuk server ditunda ujiannya selama satu jam.

Sementara itu, UNBK di Kabupaten Hulu Sungai Selatan diikuti oleh sekitar 13 sekolah baik yang dibawah naungan Dinas Pendidikan provinsi maupun Kementerian Agama.Budi Suyanto

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018