... seperti ini, dia menghancurkan olahraga kami. Karena saat Anda melaju dengan kecepatan 300 kilometer per jam di lintasan, Anda harus menghormati saingan Anda...
Buenos Aires, Argentina (ANTARA News) - Legenda MotoGP Italia, Valentino Rossi, menuduh juara dunia, Marc Marquez, menghancurkan olahraga MotoGP dengan membalap secara berbahaya dan tanpa menghormati rivalnya.

Kedua pebalap ini saling berbenturan di lintasan basah Argentina pada Minggu, dan Rossi terjatuh setelah terdorong ke rumput oleh pebalap asal Spanyol yang sudah mendapatkan penalti atas pelanggaran prosedur awal.

Beberapa tahun lalu, hal ini pernah terjadi di antara mereka.

Rossi finis ke-19 dengan Marquez, yang mendapat penalti 30 detik untuk tabrakan itu, juga tanpa mendapat poin setelah finis di posisi ke-18.

"Saya baik-baik saja, tapi ini adalah situasi yang sangat buruk," kata Rossi tentang insiden itu.

"Jika Anda melihat apa yang terjadi akhir pekan ini sebagai contoh, satu insiden dapat terjadi pada siapa saja, Anda dapat membuat kesalahan dalam pengereman, Anda dapat menyentuh orang lain. Itu bisa terjadi, itu balapan," kata dia.

"Tapi mulai Jumat pagi, Marquez melakukan ini terhadao (Maverick) Vinales, kepada (Andrea) Dovizioso, kepada saya, dan pada Sabtu pagi, dan hari ini dia langsung melewati empat pebalap," tambah pria berusia 39 tahun dan sembilan kali juara dunia itu.

Rossi mengatakan, perilaku seperti itu menciptakan situasi berbahaya, yang hanya akan menjadi lebih buruk jika yang lain bertindak dengan cara yang sama seperti Marquez, yang telah memenangi empat dari lima kejuaraan dunia terakhir.

Dia mengatakan, telah berbicara dengan direktur balapan, Mike Webb, dan berharap kata-katanya bisa memberikan pengaruh.

"Mereka harus melakukan sesuatu," kata Rossi. "Saya takut di trek ketika saya bersama Marquez. Saya takut hari ini ketika saya melihat namanya di papan.

"Saya bukan penentu balapan, mereka akan memutuskan. Tetapi seperti ini, dia menghancurkan olahraga kami. Karena saat Anda melaju dengan kecepatan 300 kilometer per jam di lintasan, Anda harus menghormati saingan Anda."

Marquez, dalam rilis Honda, menyatakan, dia telah disalahkan atas tabrakan berkecepatan tinggi dengan rekan senegaranya, Aleix Espargaro, tetapi mengatakan bahwa tabrakan Rossi itu tergantung pada kondisinya.

"Saya menyentuh lintasan yang basah, mengunci bagian depan, dan melepaskan rem. Saya mencoba untuk berbalik, sekali lagi berusaha sebaik mungkin untuk menghindari kontak. Ketika dia terjatuh, saya segera meminta maaf," kata pebalap asal Spanyol itu.

"Ini hari Minggu yang rumit. Tentu saja hari ini saya membuat beberapa kesalahan, yang saya kenali. Kesalahan lain dibuat oleh arah balapan di grid, dan yang lain karena kondisi yang sulit, tapi satu hal yang saya tahu pasti: tidak pernah dalam karir saya, saya sengaja menabrak pebalap lain," kata dia.

Pewarta: SYSTEM
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018