Manchester, Inggris (ANTARA News) - "Dalam sepak bola, apa pun bisa terjadi," kata manajer Manchester City Pep Guardiola dengan mengangkat bahu, saat ia menatap ke depan untuk pertandingan leg kedua babak perempat final Liga Champions pada Selasa, di mana timnya harus mengatasi defisit 3-0 melawan Liverpool.

Ini adalah kenyataan, tentu saja, dan baik Guardiola maupun rekannya dari Liverpool, Juergen Klopp, tidak perlu terlalu keras memikirkan contoh-contoh di mana keunggulan tiga gol - atau lebih - menjadi terbalik dalam kompetisi Eropa.

Mantan pemain dan manajer Barcelona Guardiola masih menggambarkan dirinya sebagai "penggemar" klub Spanyol dan tidak perlu mengingat bagaimana tim lamanya maju ke perempat final musim lalu.

Paris St Germain mengalahkan Barca 4-0 di Parc des Princes dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar mereka, hanya untuk tersingkir setelah kemenangan luar biasa 6-1 bagi tim Catalan di Nou Camp di mana tiga gol tercipta di menit akhir pertandingan.

Klopp sering mencatat bagaimana sejarah klub memiliki sedikit dampak pada timnya, tetapi penggemar timnya lebih mudah memahami daripada bagaimana rapuhnya keunggulan tiga gol itu.

"The Anfield" masih ingin merayakan kembalinya salah satu kembalinya kehebatan sepak bola - di malam saat mereka memenangkan final Liga Champions 2005 di Istanbul melalui adu penalti melawan AC Milan setelah tertinggal 3-0 dari Italia di babak pertama.

Bahkan musim ini, Klopp dan para pemainnya sendiri mengalami betapa mudahnya keunggulan tiga gol bisa hilang di sepak bola Eropa.

Mereka unggul 3-0 pada babak pertama di Sevilla dalam pertandingan penyisihan grup mereka pada November, tetapi kemudian berakhir dengan hasil imbang 3-3 setelah bangkit di babak kedua dengan gol penyeimbang saat tambahan waktu melalui Guido Pizarro.

Reaksi manajer Jerman itu setelah keruntuhan babak kedua bisa berfungsi sebagai peringatan sempurna bagi timnya menjelang perjalanan mereka ke Etihad.

"Tidak diperbolehkan menjadi pasif dalam permainan seperti ini. Karena itu, babak kedua terlalu lama - 50 menit atau lebih. Ini bukan pertama kalinya terjadi di sepak bola dan itu tidak akan menjadi yang terakhir kalinya," katanya kemudian.

Apa yang membuat pertandingan hari Selasa sangat menarik adalah bahwa City lebih membanggakan serangan dan mampu mengoyak pertahanan Liverpool - seperti yang mereka tunjukkan dengan kemenangan 5-0 mereka di Liga Inggris atas pasukan Klopp pada bulan September.

Tapi seperti yang diperlihatkan tim Guardiola pada Sabtu, menyerah saat unggul 2-0 untuk kemudian kalah 3-2 dari Manchester United, mereka memiliki kerapuhan pertahanan dan lini depan yang tajam seperti Liverpool dapat mengeksploitasinya - terutama jika Mohamed Salah memenangkan pertarungannya.

City akan menyerang sejak awal tetapi, tidak mencetak gol tandang, satu serangan dari tim tamu pada hari Selasa bisa mendatangkan malapetaka bagi mereka - dan Liverpool sangat efektif dalam serangan balik.

Guardiola mengatakan timnya perlu menghasilkan "pertandingan yang sempurna" tetapi Klopp waspada terhadap bahaya itu dan bahkan dalam performa yang tidak sempurna.Tidak ada tim sepak bola yang sempurna di dunia. Permainan ini tidak memberi Anda kesempatan untuk menjadi sempurna. Saya tahu sebelum mereka bisa kebobolan gol dan kami bisa kemasukan gol dan kalah," katanya, Senin.

"Anda selalu memiliki kesempatan untuk menanggapi dan menyerang balik. City memiliki peluang juga. Kami memiliki kesempatan untuk memenangkan pertandingan. Sebagian besar orang berpikir Liverpool akan lolos tetapi bisa saja kalah dalam pertandingan. Kami memiliki peluang untuk menang," katanya seperti dikutip Reuters.

(Uu.D011/I015)

Pewarta: SYSTEM
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018