Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PB Perserosi) mengirim atlet yang disiapkan untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang ke Amerika Serikat untuk digembleng sebelum bersaing di kejuaraan empat tahunan itu.

"Rencananya mereka akan berangkat ke Amerika, Minggu (15/4). Selain menjalani pemusatan latihan, mereka juga akan menjalani beberapa ujicoba yang telah disiapkan," kata pelatih Yudi A Toengkagie dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, saat ini pihaknya terus memantau atlet yang menjalani pemusatan latihan BSD Xtreme Park, Tangerang, Banten sejak akhir Februari lalu guna menentukan siapa atlet yang bakal dikirim ke Negeri Paman Sam untuk menjalani pemusatan latihan dan ujicoba.

Saat ini ada delapan atlet yang berpeluang besar dikirim ke Amerika Serikat yaitu Sanggoe Darma Tanjung, Gregorius Aldwin, Pevi Permana Putra, Ahlan Rachmat Karim, Fachrell Ardhaffa Putra, Mario Kevin Palandeng, Wanda Septiadi dan Aldy Agustiano.

"Selama pemusatan latihan di sini kami memberlakukan sistem promosi degradasi. Ini juga akan kami lakukan sebelum bertolak ke Amerika. Atlet yang kurang maksimal akan diganti dengan atlet lain yang telah kami siapkan," katanya menambahkan.

Demi meraih target yang dicanangkan yaitu tiga emas yang terbagi atas dua dari disiplin skateboard dan satu dari sepatu roda, pemusatan latihan di Amerika Serikat bakal berlangsung cukup lama yaitu sekitar 40 hari.

Tim yang dipimpin sang manajer Velix Wanggai itu selama di Los Angeles sudah mempunyai program yang cukup padat. Hal ini dikarenakan agar target untuk meraih hasil maksimal bisa tercapai. Apalagi, Asian Games 2018 di Tanah Air. Adapun lawan terberat diantaranya dari Jepang.

"Di AS nanti anak-anak akan ikut pertandingan-pertandingan lokal melawan tim setempat untuk melatih mental bertanding mereka," kata Yudi menegaskan.

Selain ke Amerika Serikat, tim skateboard Indonesia juga dijadwalkan menjalani pemusatan latihan dan ujicoba di Eropa demi meningkatkan kemampuan dan mental atlet sebelum turun di kejuaraan resmi yang telah menjadi bidikan prestasi.

Baca juga: Kemenpora berdayakan wirausahawan muda saat Asian Games 2018

Baca juga: Target Asian Games : Indonesia 10 besar

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018