Indonesia tingkatkan konektivitas dengan Afrika via Ethiopia

Indonesia tingkatkan konektivitas dengan Afrika via Ethiopia

Wapres Jusuf Kalla (tengah) bersama Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (kesembilan kanan), Menlu Retno Marsudi (kedelapan kiri), Mendag Enggartiasto Lukita (keenam kiri) berfoto dengan para ketua delegasi negara-negara Afrika dalam pembukaan Forum Indonesia Afrika (IAF) 2018 di Nusa Dua, Bali, Selasa (10/4/2018). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Pada saat kita ingin meningkatkan hubungan ekonomi dengan Afrika maka isu konektivitas penting
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Pemerintah Republik Indonesia berupaya meningkatkan konektivitas Indonesia dengan negara-negara Afrika melalui Ethiopia, salah satunya dengan pengadaan penerbangan langsung rute Jakarta-Addis Ababa melalui kesepakatan antara Garuda Indonesia dan Ethiopian Airlines.

"Memang masih sangat dirasakan adanya kekurangan konektivitas di antara Indonesia dengan Afrika, termasuk air connectivity. Oleh karena itu, kesepakatan untuk melakukan direct flight dari Jakarta ke Addis Ababa merupakan suatu terobosan baru," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Nusa Dua, Rabu, setelah bertemu dengan CEO Ethiopian Airlines didampingi perwakilan Garuda Indonesia.

Retno mengatakan peningkatan konektivitas antara Indonesia dengan negara-negara di wilayah Afrika sangat diperlukan untuk mendukung upaya peningkatan hubungan ekonomi Indonesia dengan Afrika.

"Pada saat kita ingin meningkatkan hubungan ekonomi dengan Afrika maka isu konektivitas penting. Isu konektivitas menjadi sangat penting artinya sebagai penopang upaya meningkatkan kerja sama ekonomi, utamanya di bidang perdagangan," ujar Retno.

Pengadaan rute penerbangan Jakarta-Addis Ababa, menurut dia, merupakan suatu terobosan sekaligus langkah awal untuk mendorong peningkatan konektivitas antara Indonesia dengan negara-negara Afrika.

"Kita ingin juga menjadikan Addis Ababa sebagai pusat kegiatan bagi langkah untuk memperkuat konektivitas antara Indonesia dengan wilayah Afrika lainnya, terutama di wilayah Afrika sub-sahara," kata Retno.

Dia juga mengatakan bahwa pemerintah beberapa negara Afrika menyampaikan informasi mengenai kemungkinan menjadikan Addis Ababa sebagai pusat kegiatan pelayanan visa untuk negara-negara Afrika.

"Sehingga pada saat ada penerbangan dari Jakarta ke Addis Ababa, maka visa untuk negara Afrika lainnya yang tidak memiliki perwakilan di Indonesia, bisa juga dilayani dari Addis Ababa. Namun, ini adalah domain pemerintah negara-negara Afrika," ujarnya.

Baca juga:
Menlu Retno optimistis konektivitas baru Indonesia-Afrika
Indonesia-Afrika rencanakan dialog kerja sama infrastruktur

 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Kelanjutan dua forum ekonomi Indonesia dan Afrika

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar