Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Nasional Narkotika Provinsi Lampung bekerja sama dengan perguruan tinggi di Lampung melakukan tes urine bagi mahasiswa baru.

"Kegiatan itu dalam upaya pencegahan penggunaan narkoba di kalangan mahasiswa," kata Kepala BNN Provinsi Lampung Brigjen Tagam Sinaga, di Bandarlampung, Kamis.

Pihaknya telah membuat surat untuk seluruh perguruan tinggi di Lampung, agar melakukan tes urine bagi mahasiswa baru bekerja sama dengan BNN.

Upaya tersebut, menurut Tagam, salah satu langkah untuk melakukan pencegahan sejak dini penyalahgunaan narkoba di kalangan anak muda.

Ia menyebutkan, pada 2017 lalu ada 62 mahasiswa tertangkap tangan oleh BNN maupun Polri, sehingga mendasari upaya ini dilakukan.

Tagam menambahkan, apabila nantinya dalam tes urine tersebut ditemukan ada yang positif menggunakan narkoba, maka mahasiswa tersebut akan direhabilitasi sesuai dengan amanat UU bahwa pecandu, pengguna, pemakai harus direhabilitasi, kecuali bandar narkoba.

"Saya hari ini telah mengirim surat kepada seluruh perguruan tinggi di Lampung, untuk melakukan tes urine bagi mahasiswa baru," ujarnya.

Tagam Sinaga menambahkan, berbagai metode pencegahan juga terus dilakukan BNN agar upaya pencegahan penggunaan narkoba dapat berhasil, dan berkeyakinan upaya-upaya tersebut dapat berbuah positif.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018