London (ANTARA News) - Mantan juara dunia kelas berat Tyson Fury akan membuat penampilan terbaru setelah absen lebih dari dua setengah tahun dalam pertarungan di Manchester pada 9 Juni, promotor Frank Warren mengumumkan, Kamis.

Lawan belum disebutkan namanya.

Badan Tinju Inggris (BBBC) menangguhkan lisensi petinju berusia 29 tahun yang belum terkalahkan itu pada tahun 2016, mengutip isu-isu anti-doping dan medis.

Penangguhan itu dicabut pada bulan Januari karena izin medis.

Fury belum bertarung lagi sejak mengalahkan Wladimir Klitschko yang sebelumnya tak terkalahkan untuk mengklaim gelar juara dunia versi IBF, WBA dan WBO pada November 2015.

Dia kemudian dilucuti dari sabuk IBF serta dilanjutkan dengan melepaskan sabuk juara WBA dan WBO.

Rekan senegaranya Anthony Joshua, juara Olimpiade 2012, kini memegang sabuk-sabuk tersebut sekaligus pula juara versi IBO dan berharap menjadi juara sejati jika pertarungan melawan juara WBC Deontay Wilder bisa diselenggarakan.

"Itu harus terjadi. Tidak ada banyak pertarungan di divisi kelas berat dalam sejarah yang belum pernah terjadi ketika Anda berbicara tentang tingkat kejuaraan," kata Joshua kepada televisi Sky Sports.

"Dalam hal sejarah, saya pikir pertarungan ini harus terjadi karena itu tidak akan bagus untuk era tinju jika itu tidak terjadi." Demikian laporan Reuters.

(Uu.D011/I015)

Pewarta: SYSTEM
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018