Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Luar Negeri menyatakan Indonesia prihatin atas serangan militer dari Sekutu Amerika Serikat, Prancis dan Inggris terhadap Suriah dan terus memantau situasi di sana.

Di sisi lain, Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat menarik perhatian dunia hingga ditetapkan menjadi geopark oleh UNESCO PBB.

Simak berita menarik akhir pekan lainnya dalam rangkuman berikut.

1. Persija tundukkan 10 pemain Borneo 2-0
Persija Jakarta menundukkan Borneo FC yang diperkuat 10 pemain selama lebih dari 50 menit dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan Liga 1 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu.

2. Presiden: Fungsi parpol bukan hanya rekruitmen politik
Presiden Joko Widodo menyatakan kehadiran organisasi dan penggerak partai politik di daerah merupakan hal penting sebab fungsi parpol bukan hanya rekrutmen politik, untuk pemilihan anggota legislatif maupun eksekutif. 

3. Musik randai "Siti Manggopoh" tampil meriah di Paris
Penampilan musik randai dengan cerita "Siti Manggopoh" dibawakan grup Minangkabau Arts and Cultures Heritage pimpinan Soni Drestiana tampil meriah dihadapan sekitar 300 penonton Prancis di Auditorium Mus?e National des Arts Asiatiques Guimet (Mus?e Guimet), Paris.

4. Menlu RI: Semua pihak tahan diri terkait Suriah
 Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno LP Marsudi meminta kepada semua pihak untuk menahan diri dan mencegah terjadinya eskalasi memburuknya situasi di Suriah.

5. UNESCO tetapkan Gunung Rinjani sebagai geopark dunia
Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ditetapkan sebagai geopark dunia dalam sidang Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018