Jakarta (ANTARA News) - Microsoft dilaporkan menghapus aplikasi Instagram untuk Windows 10 Mobile dari Microsoft Store.

Dilansir dari laman Phone Arena, update terbaru dari Instagram untuk Windows 10 menambahkan sejumlah fitur baru, namun menghapus opsi untuk menginstal aplikasi Instagram pada handset yang menjalankan versi mobile dari OS tersebut.

Meski demikian, aplikasi Instagram dilaporkan masih tersedia untuk versi desktop Windows 10.

Pengguna Windows 10 Mobile kini dapat mencoba web mobile pada Edge (Instagram.com). Web mobile ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan filter, kemudian memposting foto, mengunggah Stories, dan banyak lagi.

Selama pengguna Windows 10 Mobile tidak keberatan kehilangan kenyamanan menggunakan aplikasi, ini bisa menjadi alternatif untuk mengakses akun Instagram mereka.

Pengguna Windows Phone seperti dianaktirikan selama enam tahun terakhir dalam mendapatkan aplikasi berbagi foto dan video tersebut.

Facebook, perusahaan yang memiliki Instagram, tidak berpikir bahwa pangsa pasar yang lemah yang dipegang oleh platform ini layak dikembangkan untuk sebuah aplikasi Instagram.

Ketika konsumen menyebutkan "celah aplikasi" sebagai alasan untuk tidak membeli ponsel Windows Phone, Instagram biasanya menjadi salah satu aplikasi yang disebutkan.

Namun pada Maret 2016, versi beta dari Instagram untuk Windows Phone akhirnya muncul, meskipun terbatas pada pengguna Windows 10 Mobile. Dan sekarang, aplikasi tersebut tidak lagi tersedia untuk versi mobile dari sistem operasi Microsoft itu.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018