Bandung (ANTARA News) - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, akan melayani lima rute penerbangan selama masa mudik Lebaran 2018.

"Insya Allah Bandara Kertajati akan dicoba untuk melayani mudik Lebaran tahun ini, itu untuk lima kota," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Mulyadi di Gedung Sate Bandung, Senin.

Bandara Internasional Jawa Barat, ia melanjutkan, akan melayani penerbangan dari Medan menuju Kertajati, dari Makassar menuju Kertajati, Balikpapan menuju Kertajati, Denpasar menuju Kertajati dan Surabaya menuju Kertajati.

"Insya Allah ya, maskapai banyak ya sekarang yang sudah menyatakan keberminatan itu ada Sriwijaya Air, ya tinggal nunggu perintah dari Pak Menteri Perhubungan," kata dia.

Dedi mengatakan pada akhir Mei terminal Bandara Internasional Jawa Barat sudah siap dan akses dari non-tol menuju bandara sudah bisa digunakan.

"Bulan Mei ini kita ada historical flight, nanti diharapkan untuk haji sudah harus bisa diberangkatkan. Sistem haji itu wilayah Sumedang dan Majalengka serta Cirebon berangkat dari BIJB lalu transit ke Soekarno -atta baru ke Jeddah," kata dia.

Direktur Utama PT Citilink Indonesia pada Minggu mengatakan perusahaannya masih menggodok kemungkinan untuk membuka rute penerbangan dari dan menuju BIJB.

"Kami belum bisa menyebutkan secara detil namun rute penerbangan dari dan menuju BIJB diyakini memiliki pasar yang menjanjikan," kata Direktur Utama PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo usai acara Sepeda Santai dan Talkshow Bahaya Narkoba di Bandung, Minggu (15/4).

"BIJB ini peluangnya bagus karena mengambil pasar masyarakat Jabar dan sebagian perbatasan Jawa tengah yang berada cukup jauh dari Jakarta. Sedang kami evaluasi untuk rute tersebut," kata dia.

Pembangunan BIJB sudah 92 persen selesai dan diperkirakan sudah bisa beroperasi pertengahan tahun ini. PT Citilink Indonesia merupakan salah satu maskapai yang telah menandatangani nota kesepahaman mengenai pengoperasian penerbangan di BIJB, yang pada tahap awal akan melayani 14 rute penerbangan.

Baca juga:
Luhut: Presiden minta BIJB selesai Juni 2018
Menhub pastikan Bandara Kertajati layani mudik-haji 2018

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018