counter

Gubernur NTB lega Rinjani jadi Geopark Dunia

Gubernur NTB lega Rinjani jadi Geopark Dunia

Gunung Rinjani Menjadi Geopark Dunia Foto lansekap Gunung Rinjani di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (26/8). Pemprov NTB menargetkan Gunung Rinjani menjadi Geopark dunia pada tahun 2015. ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Alhamdulillah wasykurillah puji dan syukur hanya milik Allah SWT
Mataram (ANTARA News) - Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi mensyukuri penetapan Gunung Rinjani menjadi bagian dari jaringan Geopark Dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG).

"Alhamdulillah wasykurillah puji dan syukur hanya milik Allah SWT," kata Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi seusai acara Musrenbang Provinsi NTB di Mataram, Senin.

TGB berterimakasih kepada panel UNESCO yang sudah menetapkan Gunung Rinjani menjadi UGG.

"Terima kasih juga kepada seluruh kepala daerah yang terkait dengan Geopark Rinjani dan seluruh masyarakat NTB yang berusaha berdoa dan kegiatan untuk bisa mendukung upaya kita menjadikan Rinjani jadi Geopark Rinjani," kata TGB.

Menurut TGB, setelah Gunung Rinjani menjadi UGG, tugas selanjutnya dia adalah membenahi dan memastikan kualitas lingkungan di Geopark Rinjani, khususnya yang menjadi pusat-pusat keramaian di kawasan itu, tetap terjaga bersih.

Mengenai dampak penetapan UGG, TGB menyatakan dampaknya besar bagi daerah, tapi tidak instan.

"Yang lebih penting dari itu dari penetapan ini kita akan lebih hati-hati dalam mengembangkan kawasan penting di daerah kita, sehingga harus di jaga jangan sampai kualitas lingkungannya menurun," tutup dia.

Baca juga: UNESCO tetapkan Gunung Rinjani sebagai geopark dunia

689 pendaki masih terjebak di Rinjani

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar